Dark/Light Mode

Kerja Sama Dengan Pemkot Singkawang, PLN Olah Sampah Untuk Bahan Bakar PLTU

Rabu, 13 April 2022 22:31 WIB
Pemanfaatan sampah jadi listrik selain menjadi jalan keluar pengelolaan sampah juga meningkatkan bauran energi baru terbarukan.(Foto: Dok PLN)
Pemanfaatan sampah jadi listrik selain menjadi jalan keluar pengelolaan sampah juga meningkatkan bauran energi baru terbarukan.(Foto: Dok PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat mengolah sampah rumah tangga menjadi listrik.

Sampah rumah tangga tersebut diolah menjadi bahan baku jumputan padat (BBJP) untuk bahan baku co-firing di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bengkayang, Kalimantan Barat.

Baca juga : Bedah Rumah Dhuafa, PLN Manfaatkan Limbah Batubara Untuk Bahan Konstruksinya

Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Singkawang Erfan Julianto mengungkapkan, uji coba penggunaan BBJP sebagai campuran batubara akan mulai dilaksanakan pada Agustus 2022 melalui program co-firing.

“Program co-firing merupakan upaya percepatan target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) dan komitmen carbon neutral dengan cara melakukan substitusi sebagian batu bara dengan sumber energi alternatif seperti sampah,” ungkap Erfan.

Baca juga : Dukung Pemekaran, Puan: Tiga Provinsi Baru Untuk Melayani Papua Lebih Baik

PLN dan Pemkot Singkawang telah menandatangani perjanjian kerja sama pemberian pelatihan dan pendampingan untuk pembangunan infrastruktur pengolahan sampah menjadi BBJP di TPA Wonosari pada 24 Maret 2022.

“Dalam tahap uji coba ini, kami akan menyediakan mesin cacah, conveyor serta peralatan penunjang pengolahan sampah lainnya. Selanjutnya, produk BBJP yang dihasilkan akan diuji untuk mendapatkan variasi komposisi bahan baku yang paling tepat,” imbuh Erfan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.