BREAKING NEWS
 

Kinerja Cemerlang, Fitch Ratings Naikkan Sejumlah Peringkat Utang BRI

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : SRI NURGANINGSIH
Selasa, 7 Februari 2023 16:09 WIB
Gedung BRI. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga pemeringkat keuangan terkemuka dunia ‘Fitch Ratings’ menaikkan sejumlah peringkat utang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, karena dinilai mampu menjaga kinerja positif yang berkelanjutan, sehingga konsisten meraih kepercayaan seluruh stakeholders.

Beberapa peringkat utang BRI yang dikerek naik oleh lembaga pemeringkat yang memiliki Kantor Pusat di New York dan London tersebut.

Baca juga : Kinerja 2022 Moncer, FishLog Siap Perkuat Jaringan Di Industri Perikanan

Pertama, Peringkat Utang Jangka Panjang (LT IDR) BRI dari 'BBB-' menjadi 'BBB'. Kedua, Short Term Issuer Default Rating (IDR) BRI dinaikkan dari F3 menjadi F2. Ketiga, Fitch Ratings meningkatkan Peringk t Nasional Jangka Panjang BRI menjadi 'AAA (idn)' dari 'AA+(idn)' dengan outlook stabil.

Keempat, Fitch Ratings menaikkan government support dari bbb- menjadi bbb. Dan yang terakhir, Fitch Ratings juga menaikkan peringkat senior unsecured notes berdenominasi dolar Amerika Serikat dari 'BBB-'menjadi 'BBB'.

Baca juga : Inter Milan Bertahan Di Peringkat 2, Atalanta Bekuk Sampdoria

Jika dirinci, ada 7 indikator utama yang dinilai Fitch Ratings. Pertama adalah dukungan Pemerintah. “Penilaian tersebut didasarkan pada kepentingan sistemik Pemerintah terhadap BRI sebagai bank milik negara yang strategis karena merupakan bank komersial terbesar kedua di Indonesia. BRI pun memiliki peran utama sebagai bank UMKM,” sebut laporan resmi Fitch yang dikutip, Selasa (7/2).

Kedua adalah prospek lingkungan bisnis yang dinilai stabil. Fitch Ratings memperkirakan lingkungan bisnis untuk bank-bank di Indonesia akan stabil karena pertumbuhan PDB kemungkinan akan bertahan pada 2023 dan 2024. Hal itu akan mendorong permintaan pinjaman industri dan kualitas aset.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense