BREAKING NEWS
 

Dukung Era Digitalisasi, Kemenkoninfo Gelar Literasi Digital Bagi Pegawai PLN

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Jumat, 9 Juni 2023 07:34 WIB
Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada pegawai PLN di Hotel Santika Bogor. (Foto: Dok. Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada pegawai Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Hotel Santika Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Kegiatan diselenggarakan secara hybrid, terdiri dari enam batch dan dapat diikuti peserta melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube.

Target total capaian peserta selama enam batch adalah 18.000 peserta dengan target setiap batch sebanyak 3.000 peserta.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 lalu yang menunjukkan bahwa kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia dinilai sebesar 3.54 dari 5.00.

Berdasarkan hal tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori “sedang”.

Baca juga : Dukung Transformasi Digital 5.0, Korlantas Polri Gelar Pelatihan Kompetensi

Kegiatan Literasi Digital yang diselenggarakan untuk pegawai PLN merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan pemerintahan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan dibuka dengan pemutaran video arahan Presiden Jokowi, kemudian dilanjutkan sambutan Direktur Direktorat Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto.

Bonifasius mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan pemahaman di bidang teknologi digital.

“Penyampaian materi yang mengacu kepada empat pilar digital, yaitu Etika Digital, Kecakapan Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital, dengan harapan nantinya pegawai PLN dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, dan kecakapan menggunakan digital di era transformasi digital," ujar Bonifasius dalam keterangannya, Kamis (8/6).

Adsense

Ia berharap dengan kegiatan literasi ini para peserta memahami empat pilar digital, maka pegawai PLN dapat menjaga stabilitas bangsa demi mengarah pada kemajuan, kesatuan, dan persatuan bangsa di era digital.

Baca juga : Muslimah Ganjar Fasilitasi Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Jakarta Timur

Bonifasius juga menambahkan bahwa, sebagai bagian dari PLN, para pegawai wajib untuk menjaga hak subjek data pribadi sebagaimana telah disebutkan pada UU Perlindungan Data Pribadi.

“UU perlindungan data pribadi menyatakan bahwa PLN wajib menjaga hak subjek data pribadi, yaitu para pelanggan PLN. Oleh sebab itu, PLN wajib mengetahui cara-cara yang tepat mengenai hal melindungi setiap data pengguna sebagaimana peran PLN itu sendiri sebagai institusi pengendali data pribadi,” imbuhnya.

Perwakilan PT PLN (Persero), Yusuf Didi Setiarto, menyampaikan bahwa, kegiatan Literasi Digital merupakan bekal bagi PLN untuk dapat menghadapi transformasi digital.

"Salah satu prioritas yang harus dicapai oleh BUMN adalah kepemimpinan teknologi. Kami percaya inovasi digital merupakan kunci untuk beradaptasi dengan cepat dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan melanjutkan keberlangsungan perusahaan," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan Literasi Digital yang diadakan Kemenkominfo sangat selaras dengan pemenuhan prioritas BUMN, terutama peningkatan kemampuan teknologi pegawai PLN.

Baca juga : Genjot Digitalisasi, Dirut DKI Fidri Dinobatkan Jadi CEO Terbaik

Yusuf menambahkan bahwa, ini merupakan momentum tepat untuk bergerak dan berkolaborasi bersama menghadapi transformasi digital. "Semoga melalui

Kegiatan Literasi Digital dapat menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan pegawai PLN dalam pengolahan dan manajemen aset data pelanggan secara lebih optimal" ujarnya.

Penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada pegawai Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini merupakan salah satu upaya literasi digital untuk sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital.

Kegiatan yang diinisiasi Kemenkominfo bertujuan memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense