Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Traveloka Gandeng Kemenparekraf Tingkatkan Literasi Digital

Sabtu, 20 Mei 2023 17:11 WIB
Launching Program Pelatihan Literasi Digital Traveloka di Jakarta, Sabtu (20/5)/Ist
Launching Program Pelatihan Literasi Digital Traveloka di Jakarta, Sabtu (20/5)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Traveloka, platform perjalanan terdepan se-Asia Tenggara, menjalin kerja sama strategis dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui penyelenggaraan program pelatihan Literasi Digital untuk ekosistem pariwisata. 

Program yang menargetkan 100.000 peserta guna mendorong peningkatan literasi digital bagi UMKM, pelajar SMK/vokasi, pelaku desa wisata dan industri pariwisata.

Penyelenggaraan pelatihan literasi digital sejalan dengan komitmen Traveloka untuk menjadi perusahaan berkelanjutan melalui inovasi dan kemitraan strategis bersama Kemenparekraf dalam mengembangkan industri pariwisata dan literasi digital di Indonesia.

Program pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan literasi digital pelaku industri wisata Indonesia. Peluncuran program ini secara resmi dilakukan oleh Albert Co-founder Traveloka, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Sabtu (20/5) di Cilandak Town Square, Jakarta.

Albert mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi Traveloka, terutama dalam memperkuat kemitraan antara sektor swasta dan pemerintah, guna mendorong digitalisasi dan reaktivasi industri pariwisata di Indonesia. 

Baca juga : Katrol Daya Saing Industri, Kemenperin Kerek Layanan Inovasi

“Melalui inovasi dan kemitraan strategis Traveloka dan Kemenparekraf pada program pelatihan literasi digital, kami turut berperan aktif percepatan transformasi digital dan pariwisata berkelanjutan, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia,” katanya.

Harapannya, agar para pelaku industri dapat lebih berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital sehingga meningkatkan kontribusi untuk pertumbuhan sektor pariwisata.

Program pelatihan literasi digital ini diharapkan dapat diikuti 100.000 peserta pelaku industri pariwisata dari 100 desa wisata penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 dan 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.

Program ini mencakup sosialisasi, kolaborasi hingga bimbingan teknis berupa serangkaian pelatihan digital marketing, hingga mengintegrasikan bisnis para peserta ke dalam platform Traveloka agar produknya dapat diakses oleh jutaan pengguna Traveloka. 

Pelaksanaan program pelatihan literasi digital akan melibatkan karyawan Traveloka Hasta Inc, Yayasan Wirausaha Sosial Indonesia (YWSI) dan Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI). 

Baca juga : Hatten Bali Dan Kemenparekraf Mantapkan Kerja Sama

Pada acara peluncuran program pelatihan literasi digital Traveloka, Sandiaga Uno mendorong para pelaku UMKM dan generasi muda melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan literasi digital. 

“Terima kasih kepada Traveloka dan pihak-pihak lain atas dukungannya mendorong literasi digital, sekaligus meningkatkan kesadaran atas kekayaan intelektual,” ujar Sandiaga dalam sambutannya.

Kemenparekraf, lanjut Sandiaga, berharap inisiatif pelatihan literasi digital ini dapat mendukung dan mendorong proses digitalisasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Saat ini, pemerintah menetapkan target untuk wisatawan domestik, yaitu 1,4 miliar perjalanan. Adapun target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2023 yang awalnya ditetapkan sebesar 7,4 juta saat ini meningkat menjadi 8,5 juta. 

Baru-baru ini, pemerintah tiga negara meluncurkan tahun kunjungan Indonesia-Malaysia-Thailand 2023-2025 untuk mendorong arus wisatawan mancanegara.

Baca juga : Cegah Kebocoran Data Pribadi Dengan Tingkatkan Literasi Digital

Selain itu, pemerintah juga menargetkan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru dari sektor pariwisata hingga tahun 2024 dengan fokus pada digitalisasi pelaku UMKM. 

Sektor UMKM memegang peranan penting dalam penciptaan lapangan kerja, sebab tercatat sebesar 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh UMKM. Literasi digital bagi para pelaku industri pariwisata menjadi modal penting agar UMKM, pelajar dan pelaku Desa Wisata dapat bersaing di tingkat nasional dan regional.

Sepanjang 2022, Traveloka telah berkolaborasi dengan Kemenparekraf dan Kementerian Pendidikan untuk pengembangan kapasitas SDM digital Indonesia. Selain itu, Traveloka juga menyediakan kesempatan transfer pengetahuan melalui program magang. Lebih dari 12.000 pendaftar tercatat dalam program Kampus Merdeka, serta menyelenggarakan pelatihan di 30 universitas di seluruh Indonesia dalam program Mitra 5.0. 

Tak hanya itu, Traveloka juga bermitra dengan Global Sustainable Tourism Council (GSTC) dan meluncurkan rangkaian sesi pelatihan mengenai pariwisata berkelanjutan bagi mitra perhotelan di Asia Tenggara. 

Salah satu manfaat utama dari pelatihan ini adalah kesempatan mengikuti Ujian Kursus Pariwisata Berkelanjutan GSTC resmi dan setelah berhasil menyelesaikannya, menerima Sertifikat Profesional di bidang Pariwisata Berkelanjutan dari GSTC. Sertifikasi ini menunjukkan pengetahuan pribadi tentang standar dan praktik pariwisata berkelanjutan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.