BREAKING NEWS
 

Sowan Ke Jokowi, Presiden ADB Dukung Pembangunan Indonesia

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : ADITYA NUGROHO
Selasa, 3 Maret 2020 15:59 WIB
Presiden Asian Development Bank (ADB), Masatsugu Asakawa. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Asian Development Bank (ADB), Masatsugu Asakawa, bertemu dengan Presiden Jokowi hari ini. Pertemuan membahas dukungan ADB bagi prioritas pembangunan Indonesia di berbagai bidang, seperti pembangunan SDM, konektivitas infrastruktur, dan perubahan iklim.

“Indonesia dan ADB memiliki hubungan kemitraan kuat yang dibangun atas tujuan yang sejalan, yaitu mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan inklusif," kata Asakawa di Jakarta, Selasa (3/3).

Baca juga : Schneider Electric Dukung Pembangunan Berkelanjutan

Asakawa pun memuji upaya Presiden Jokowi dalam meningkatkan iklim usaha, menarik investasi, dan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas. Menurutnya, kehati-hatian pemerintah dalam mengambil kebijakan makroekonomi dan manajemen fiskal telah mampu mendorong pertumbuhan, terlepas dari adanya dampak epidemi virus korona dan isu-isu terkait perdagangan global. 

Adsense

Dia melanjutkan, pengembangan dukungan ADB bagi Indonesia mencakup berbagai bidang, termasuk fokus pada energi bersih dan penguatan jaringan kelistrikan, pendidikan tinggi dan pengembangan keterampilan angkatan kerja, reformasi untuk meningkatkan daya saing Indonesia, serta fasilitas pembiayaan hijau (ramah lingkungan) dan biru (ramah lautan) yang inovatif. 

Baca juga : Menpora Apresiasi Polri Ikut Membina Olahraga di Indonesia

"Strategi Kemitraan Negara 2020–2024 yang diusulkan ADB untuk Indonesia akan mendukung prioritas pembangunan pemerintah dan menjadi katalis bagi pembiayaan sektor swasta, mendorong inovasi dan teknologi baru, serta menawarkan solusi pengetahuan dan pembiayaan, terutama bagi pemerintah daerah," katanya.

Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia sejak mulai menjabat pada Januari, Asakawa juga telah bertemu dengan Menteri Keuangan sekaligus Gubernur untuk ADB, Sri Mulyani Indrawati. Dia juga rencananya akan bertemu juga dengan beberapa Menteri lainnya.

Baca juga : Perindo Dukung Penuh Kabinet Indonesia Maju

Asakawa dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara hari ini meluncurkan sebuah buku berjudul, Indonesia and the Asian Development Bank: Fifty Years of Partnership. Ia pun berencana mengunjungi proyek pendidikan vokasi di Kota Depok pada hari Rabu. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense