BREAKING NEWS
 

Kampuspreuneur, Kiat Pertamina Bangkitkan Semangat Mahasiswa Riau Kembangkan UMKM

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 28 September 2020 14:13 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) menaruh perhatian khusus terhadap kegiatan usaha dari kalangan mahasiswa di Riau. Terlebih, Riau merupakan salah satu wilayah operasional Pertamina yang memiliki potensi pasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang besar.

Lewat program ‘Kampuspreuneur’, Pertamina ingin menggairahkan semangat dan minat para mahasiswa di Riau, untuk mengembangkan usaha. Agar nantinya bisa mandiri, dan menjadi motor penggerak ekonomi di Riau.

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat ada 2,9 juta lapangan pekerjaan pada tahun 2018. Namun, lapangan kerja tersebut diperebutkan oleh 133 juta tenaga kerja. Tak heran, pada tahun 2019, BPS mendata 6,24 persen pengangguran berpendidikan sarjana.

Baca juga : Azis: Pidato Jokowi Ingatkan Semangat Asia-Afrika Dan GNB

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini, makin memperburuk angka pengangguran di Riau, yang kini menyentuh angka 160. Angka kemiskinan pun menanjak jadi 23.776.

Untuk itu, salah satu usaha menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Riau adalah dengan menggairahkan UMKM, terutama di kalangan generasi muda.

“Kami ingin, agar mahasiswa yang merupakan generasi muda di Riau bisa memulai usahanya dengan baik dan menjadi mandiri. Serta menjadi motor penggerak ekonomi di Riau. Karena kita tahu, UMKM merupakan salah satu penopang ekonomi suatu daerah, bahkan negara,” kata VP Corporate Communications Fajriyah Usman.

Baca juga : Kementerian Pertanian Dorong Registrasi Kebun Sesuai Ketentuan GAP

Fajriyah mengatakan, untuk meningkatkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa di Riau, Pertamina menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru lewat program ‘Kampuspreuneur’.

Program pengembangan UMKM ini diawali dengan workshop kewirausahaan bagi mahasiswa UIR pada 14 Juli 2020 lalu. Para mahasiswa tersebut dibekali dengan motivasi berwirausaha dan soft skill membangun wirausaha serta ilmu manajemen bisnis.

Adsense

“Peserta yang ikut program ini kita tantang untuk menyusun proposal bisnis wirausaha. Proposal bisnis terbaik mendapat bantuan modal dari dana CSR Pertamina untuk diwujudkan menjadi usaha. Selain itu, proposal bisnis terpilih juga akan didampingi mentor saat realisasinya,” kata Fajriyah.

Baca juga : Makin Agresif, Pertamina Gandeng Alfamart Kembangkan Bright Store

Fajriyah mengatakan, kampus UIR sendiri memiliki 27 ribu mahasiswa aktif dari 42 program studi yang ada. Dan ini merupakan potensi kewirausahaan yang luar biasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense