BREAKING NEWS
 

Optimalkan Layanan Digital

Bank Mandiri Layani Transaksi PNBP Fidusia

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : FAZRY
Minggu, 13 Juni 2021 07:44 WIB
Bank Mandiri berkomitmen mendukung PNBP pada setiap layanan Ditjen AHU Kemenkumham. (Foto : Dok. Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mendukung Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), pada setiap layanan Direktorat Jenderal Adminstrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Untuk itu, Bank Mandiri mengembangkan me­kanisme pembayaran online, guna memudahkan notaris melakukan pembayaran PNBP Fidusia, yang merupakan salah satu layanan utama Ditjen AHU Kemenkumham.

Adapun inovasi yang dikembangkan adalah solusi integrasi sistem antara portal AHU online, dengan channel pembayaran Microsite Bank Mandiri. Saat ini, portal layanan fidusia tersebut banyak diakses oleh notaris untuk melakukan pendaftaran, per­baikan, dan perubahan jami­nan fidusia.

Layanan Fidusia sendiri merupakan jaminan kebendaan atas benda bergerak, baik yang berwujud maupun tidak ber­wujud sehubungan dengan utang piutang antara debitor dan kreditor.

Baca juga : Bank Mandiri Layani Pembayaran Fidusia Online Via Mandiri Microsite

Menurut Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexan­dra Askandar, inovasi channel microsite ini sangat efektif. Karena para notaris nasabah Bank Mandiri yang telah ter­aktivasi layanan SMS Finan­cial/Banking, dapat langsung melakukan transaksi pembayaran PNBP Fidusia.

Adsense

“Harapannya, kemudahan dan keamanan bertransaksi yang ditawarkan dapat meningkatkan frekuensi PNBP, yang berasal dari pembayaran jaminan fidusia,” kata Alexan­dra dalam keterangan resminya, kemarin.

Dijelaskannya, inisiatif ini akan terus dikembangkan sebagai salah satu realisasi komitmen Bank Mandiri, untuk Kementerian Negara dan Lem­baga Pemerintah, dalam men­ciptakan solusi untuk mendukung penerimaan negara yang transparan dan akuntabel.

Baca juga : KPK Persilakan Dewas Proses Laporan Dugaan Pelanggaran Etik Lili Pintauli

“Melalui perluasan channel pembayaran ini, kami berharap Bank Mandiri dapat berkontribusi secara lebih optimal dalam meningkatkan penerimaan negara,” ujarnya.

Lebih lanjut Alexandra menambahkan, saat ini Bank Mandiri juga telah melayani seluruh pembayaran PNBP melalui fasilitas e-channel Bank Mandiri. Antara lain Mandiri ATM, Mandiri Cash Management, Mandiri EDC Mini ATM dan Cabang Bank Mandiri termasuk melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

Dirjen AHU Kemenkum­ham Cahyo Rahadian Muzhar mengatakan, inovasi perluasan channel pembayaran melalui Bank Mandiri, dapat memban­tu memberikan kemudahan dan peningkatan PNBP. Teru­tama di lingkungan direktorat jenderal yang dipimpinnya, agar berkontribusi positif bagi negara. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense