BREAKING NEWS
 

MotoGP, PUPR Siapkan Rp 576 Miliar Untuk Permak Mandalika

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Kamis, 27 Januari 2022 13:39 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengalokasikan Rp 576,8 miliar untuk Penataan Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka menyambut event MotoGP tahun 2022 di masa pandemi Covid-19.

"Anggaran penataan Kawasan Mandalika di NTB akan dialokasi sebesar Rp 576,8 miliar untuk menyambut event balap motor internasional MotoGP," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa (25/1).

Adsense

Baca juga : PWI Peduli Serahkan Bantuan Untuk 2 Desa Terdampak Letusan Semeru

Menurut Basuki, anggaran tersebut digunakan untuk sejumlah kegiatan, termasuk pembangunan tahap II Jalan Bypass BIL–Mandalika, dan pelebaran Jalan Kuta–Keruak. Selain itu Penataan Kawasan Mandalika juga meliputi penataan koridor Kawasan Mandalika, serta pembangunan pengendali banjir Kawasan Mandalika.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan Jalan Bypass BIL - Mandalika harus mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan sehingga lebih ramah lingkungan dan bisa menjadi contoh jalan nasional yang baik.

Baca juga : Rakyat Kaltim Siapkan Laporan Ke Bareskrim Dan Sanksi Adat Untuk Edy Mulyadi

Penataan koridor Jalan Bypass BIL-Mandalika meliputi penanaman rumput dan pohon, antara lain bougenvile, tabebuya, ketapang kencana, dan pule di median jalan. Selanjutnya, penanganan jalur lambat melalui pengurukan tanah, penanaman rumput dan pohon, seperti jenis trembesi, angsana, pule, dan jati.

Jalan Bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,3 km telah selesai dibangun dan dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran event Superbike pada November 2021 lalu.
Penataan dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Ditjen Bina Marga melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense