Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PWI Peduli Serahkan Bantuan Untuk 2 Desa Terdampak Letusan Semeru

Rabu, 26 Januari 2022 16:58 WIB
Penyerahan bantuan untuk warga di 2 desa terdampak letusan gunung Semeru di Lumajang, Selasa (25/1).(Foto: Bayu Eka Novanta/Tugu Media)
Penyerahan bantuan untuk warga di 2 desa terdampak letusan gunung Semeru di Lumajang, Selasa (25/1).(Foto: Bayu Eka Novanta/Tugu Media)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Peduli, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) bekerja sama dengan Tugu Media Group menyalurkan bantuan kepada warga korban letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (25/1).

Ketua Bidang Publikasi dan Informasi PWI Peduli Pusat Nurcholis MA Basyari, anggota IKWI Yayah Nuriyah, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq, GM Tugumalang.id Fajrus Sidik, dan GM Tugujatim.id Bayu Eka Novanta menyerahkan bantuan itu di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Adapun penerima bantuan meliputi warga RT 10 Desa Umbulan dan RT 11 Desa Sumbersari, dua desa yang paling terdampak letusan gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut itu pada 4 Desember 2021.

Baca juga : KPK Serahkan Pengusutan Kerangkeng Manusia Di Rumah Bupati Langkat Ke Polisi

Lokasi desa tersebut 4,5 jam perjalanan mobil dari Kota Malang, Jawa Timur. Rute menuju lokasi penyerahan bantuan berkelok-kelok tajam.

Saat ini Pemerintah tengah menyiapkan 2.000 unit rumah sebagai hunian tetap di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

Warga dua desa tersebut sebagian mengungsi ke rumah sanak saudara dan tempat-tempat pengungsian atau hunian sementara (Huntara). Sebagian mengontrak rumah di desa-desa sekitar.

Baca juga : Ahli ITB Sarankan Ada Kajian RIA Dampak Regulasi Pelabelan Pangan

Adapun bantuan yang disalurkan berupa 100 paket yang per paketnya berisi daster lengan panjang, sarung anak-anak, tas sekolah, dan mie instan.

Bantuan senilai Rp 35 juta itu merupakan donasi spontan yang digalang PWI Peduli, IKWI, dan Tugu Media Group yang membawahkan Tugumalang.id dan Tugujatim.id. Rinciannya PWI Peduli dan IKWI Rp 18,350 juta, GWPP Rp 5 juta, pakar komunikasi dan motivator Aqua Dwipayana Rp 5 juta, dan Paguyuban Karyawan Tugu Media Group Rp 5 juta.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas empati dan bantuan ini. Semoga kami dapat segera bangkit dan warga yang mayoritas tani kembali beraktivitas menggarap sawah ladangnya,” kata Sumarto, Ketua RT 11 Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Baca juga : BNI Salurkan Bantuan Untuk Keluarga Pekerja Migran Indonesia

Kini, lelaki berusia 59 tahun ini bersama 85 keluarga warga Dusun Sumbersari tinggal di rumah kontrakan atau menumpang di rumah keluarga.

Berdasarkan data Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Erupsi Gunung Semeru per 21 Desember 2021 telah merenggut 51 nyawa warga dan meluluhlantakkan ribuan rumah warga dan fasilitas umum.

Selain itu, berdampak pada mengungsinya 10.395 warga. Mereka tersebar di 410 titik pengungsian di tiga kecamatan. Yaitu Pasirian, Candipuro, dan Pronojiwo. Titik pengungsian lainnya juga terdapat di Kabupaten Malang, Blitar, Jember dan Probolinggo. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.