BREAKING NEWS
 

Dubes Jepang Kenzi Kanasugi Ziarah Ke Taman Pujaan Bangsa Margarana

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Kamis, 9 Desember 2021 07:44 WIB
Dubes Kenji Kanasugi (keempat kanan) saat berziarah ke Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Bali, Selasa (7/12). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Bali, Selasa (7/12), Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Inndonesia Kenji Kanasugi menyempatkan diri berziarah ke Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana. Kunjungannya itu, ia abadikan dalam postingannya di Instagram.

“Saya berkunjung ke Taman Pujaan Bangsa Margarana yang memiliki monumen nasional peringatan tragedi Puputan Margarana, dan meletakkan karangan bunga,” tulis Dubes Kanasugi.

“Setelah itu, saya juga meletakkan karangan bunga di makam orang Jepang yang wafat dalam pertempuran memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” sambungnya.

 

Baca juga : Syarief Hasan Minta Pasokan Dan Harga Pangan Stabil

 

Didampingi Konsul Jenderal Jepang di Denpasar Katsumata Harumi, rombongan Kanasugi disambut putra sulung Pahlawan Nasional, I Gusti Ngurah Rai, Gusti Ngurah Gede Yudana beserta jajaran Puspa Manik.Mereka berjalan menuju Monumen Nasional TPB Margarana.

Adsense

Di tempat tersebut, Kanasugi berdoa dan menaburkan bunga sebagai wujud penghormatan, rasa bakti dan mendoakan para pahlawan yang gugur dalam pertempuran Puputan Margarana.

 

Baca juga : Grab Resmi Melantai di Bursa Saham NASDAQ Pertama di Asia Tenggara

 

Perang Puputan Margarana terjadi pada 20 November 1946. Pertempuran ini dipimpin letnan Kolonel I Gusti Ngurah Rai, selaku Kepala Divisi Sunda Kecil.

Ia bersama pasukannya bertempur habis-habisan untuk mengusir Belanda. Ada 11 warga Jepang, lima orang di antaranya ikut bergabung dalam pasukan Gusti Ngurah Rai.

Kepala TPB Margarana AA Nanik Suryani mengatakan, terdapat 1.372 nisan atau tugu pahlawan yang menunjukkan jumlah pejuang yang gugur di medan laga.

Baca juga : Jelang Kongres Kehutanan Indonesia Ke-7, DKN Jaring Pendapat Setiap Regional

Dari total jumlah tersebut, 96 orang gugur dalam Puputan Margarana dan selebihnya meninggal dalam periode mempertahankan Kemerdekaan atau periode 1946-1949. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense