Dark/Light Mode

Ketum JBN: Menghormati Jasa Para Pahlawan Bagian Dari Bela Negara

Kamis, 11 November 2021 05:34 WIB
Ketua Umum DPP JPN RI Tigor Mulo Horas Sinaga. (Foto: Ist)
Ketua Umum DPP JPN RI Tigor Mulo Horas Sinaga. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021, Jaringan Bela Negara Republik Indonesia (JBN RI) menggelar ziarah dan doa bagi Indonesia.

Dipimpin langsung Ketua Umum Tigor Mulo Horas Sinaga, DPP JBN RI melakukan ziarah ke makam Sunan Kalijaga di Demak, Selasa (9/10).

Petinggi JBN diterima Mbah Wi keturunan Kanjeng Eyang Sunan Kalijaga ke-16. Mbah Wi selaku keturunan Sunan Kalijaga mewakili keluarga besar keturunan Sunan Kalijaga menyambut baik perjalanan spiritual DPP JBN RI yang dinilai memiliki makna nasionalisme tinggi.

Baca juga : Peringati Hari Pahlawan, Sahabat Ganjar Beri Santunan Kepada Para Veteran

Menurut Mbah Wi, sangat jarang ada organisasi masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi pada kearifan lokal dan mengingat dengan baik para leluhur.

Mbah Wi pada kesempatan tersebut juga berpesan kepada JBN untuk menyuarakan aspirasi masyarakat kecil.

Selain itu, pemerintah diminta memperhatikan situs bersejarah seperti makam Sunan Kalijaga yang mana sampai saat ini keluarga belum merasa diperhatikan pemerintah. Bahkan, sekadar untuk perawatan atau pemugaran makam Sunan Kalijaga.

Baca juga : Ketua DPR : Indonesia Kini Butuh Pahlawan Modern, Bukan Yang Bawa Bambu Runcing

Walau demikian, Mbah Wi masih bersyukur karena masih ada kepedulian dari masyarakat umum yang setiap hari terus berziarah ke Makam Sunan Kalijaga.

Dalam kesempatan itu, Mbah Wi juga mempertanyakan, kenapa para Sunan tidak mendapat gelar pahlawan.

"Kan kalau Para Sunan mendapat gelar pahlawan dari negara, pemerintah akan lebih memperhatikan perawatan makam serta situs-situs terkait peninggalan para Sunan tersebut," harap Mbah Wi.

Baca juga : Jubir Setneg: Pengobatan SBY Ditanggung Negara

Ketum JBN Tigor Sinaga mengaku gembira atas penyambutan dari keturunan Sunan Kalijaga. Tigor mendukung Sunan Kalijaga mendapatkan gelar pahlawan karena para wali telah membawa dan menyebarkan agama Islam, khususnya di Pulau Jawa.

"Pengaruh para Sunan juga sangat besar dalam perjuangan menuju kemerdekaan Republik Indonesia. Coba lihat para pahlawan seperti Pangeran Diponogoro, sangat kental sprit ke-Islamannya dalam melakukan perlawan terhadap penjajah Jepang," ujar Tigor.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.