BREAKING NEWS
 

Mampu Pertemukan Xi Jinping Dan Joe Biden

Jokowi Bikin Indonesia Diperhitungkan Dunia

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Selasa, 15 November 2022 07:55 WIB
Presiden Jokowi bersama Presiden AS Joe Biden, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). (Foto: BPMI Sepres/Laily Rachev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepemimpinan Indonesia sebagai Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 terbukti mampu mempertemukan Presiden China Xi Jinping dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Salah satu pejabat senior AS, Karine Jean-Pierre sebelumnya menjelaskan, pertemuan terse­but bisa lebih memperdalam komunikasi hingga manajemen persaingan dan juga jalur kerja sama antara keduanya.

Menurutnya, kalau kedua pimpinan negara itu sangat penting bisa bertemu secara langsung.

“Saya tidak berpikir kedua pemimpin akan dapat duduk dan menyelesaikan semua per­bedaan untuk masalah mereka. Tetapi, ini bisa menjadi langkah penting,” katanya seperti dikutip dari AFP.

Baca juga : Berjabat Tangan Erat Dan Umbar Senyum, Xi Jinping Dan Joe Biden Akur Ketemu Di Bali

Lebih lanjut, Karine Jean-Pierre juga mengungkapkan, dengan adanya pertemuan antara Biden dan Jinping, akan menjadi sebuah sejarah kerja sama kedua belah pihak.

Sebelumnya, Joe Biden mengatakan, dia menginginkan persaingan sehat dengan China.

“Saya sudah memberi tahu (Beijing) bahwa saya meng­inginkan persaingan, bukan konflik,” katanya.

Mengenai itu, Kementerian Luar Negeri Beijing juga mengungkapkan betapa penting­nya terjadi pertemuan dengan Amerika Serikat.

Baca juga : Bertemu Presiden Dewan Eropa, Jokowi Bahas Krisis Pangan Dan Energi

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mengelola perbedaan dan juga mempromosikan kerja sama yang saling menguntung­kan.

Menanggapi itu, anggota Komisi I DPR Dave Laksono menyatakan, momen pertemuan negara G20 menjadi ajang unjuk kebolehan bagi Indonesia.

“Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia menjadi negara yang patut diper­hitungkan di dunia,” ujar Dave, kemarin.

Sebagai negara berdaulat, Indonesia juga memiliki peran dalam menjaga perdamaian dunia. Hal itu dibuktikan dengan mempertemukannya Joe Biden dengan Xi Jinping.

Adsense

Baca juga : Perkuat Digital Presidensi Indonesia, Telkomsel Luncurkan G20 Connect

Selama ini, kata Dave, kedua negara itu dikenal sering kali terlibat perseteruan dalam dunia internasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense