Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moeldoko : Indonesia Serius Wujudkan Kedaulatan Digital

Rabu, 26 Oktober 2022 17:45 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko pada peresmian Metta DC, yakni sebuah perusahaan lokal penyedia sistem pusat data, di Jakarta, Rabu (26/10).
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko pada peresmian Metta DC, yakni sebuah perusahaan lokal penyedia sistem pusat data, di Jakarta, Rabu (26/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia serius untuk mewujudkan kedaulatan digital. Terlebih, Indonesia sekarang menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital paling pesat di Asia Tenggara.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldomo saat menghadiri peresmian Metta DC, yakni sebuah perusahaan lokal penyedia sistem pusat data, di Jakarta, Rabu (26/10).

Menurut Moeldoko, kedaulatan digital adalah faktor kunci dalam melindungi pertumbuhan ekonomi negara.

Baca juga : Ganjar Optimis Petani Milenial Di Jateng Dapat Wujudkan Kedaulatan Pangan

Dengan semakin banyak orang Indonesia melakukan transaksi online, kata dia, maka siapapun yang mengendalikan data dari aktivitas tersebut punya kekuatan untuk memanfaatkan data dan membuat produknya sendiri.

"Kondisi tersebut bisa menyebabkan para pengusaha kecil kalah bersaing dengan perusahaan besar,” kata Moldoko.

Panglima TNI 2013-2015 ini menambahkan, kedaulatan digital Indonesia menjadi sangat penting untuk mewujudkan keamanan siber nasional.

Baca juga : Moeldoko Sebut Senjata Yang Dibawa Perempuan Bercadar Adalah Rakitan

Untuk itu, Pemerintah saat ini sedang membangun infrastruktur penyimpanan data dan sistem pengelolaan berbasis lokal. Sehingga memiliki kendali besar dalam mengontrol bagaimana data disimpan dan ditampilkan.

"Jika anda punya semangat nasionalis, maka pindahkan data-data anda ke Indonesia. Karena saat ini anak-anak bangsa sudah bisa membangun dan mengembangkan penyimpanan data yang aman,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga mengaku, bangga dengan peresmian Metta DC. Sebab, benar-benar berbasis lokal, mulai dari inevstornya, pengelola, dan pelaksana.

Baca juga : Pos Indonesia Luncurkan Point Arena Game House Di Bandung

"Meskipun lokal tapi standarnya Internasional, dan zero accident. Saya berharap ini bisa menjadi pemicu dan motor penggerak untuk mewujudkan kedaulatan data kita,” seru Moeldoko. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.