BREAKING NEWS
 

Raja Perpanjang Tenggat Waktu Partai Cari Koalisi

Klaim Didukung BN, Anwar Pede Jadi PM

Reporter : PAUL YOANDA
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Selasa, 22 November 2022 07:06 WIB
Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim. (Reuters/Hasnoor Hussain)

RM.id  Rakyat Merdeka - Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmah Shah memberikan tambahan waktu kepada pemimpin partai hingga hari ini untuk mencari koalisi dan mendapatkan suara mayoritas di Parlemen guna menentukan Perdana Menteri (PM).

Pemimpin partai masih punya waktu hingga Selasa pukul 14.00 waktu setempat untuk menyampaikan rencana pemerintahan baru. Sebelumnya, raja menetapkan batas waktu, Senin (21/11) pukul 14.00.

Baca juga : Ribuan Pemuda Dukung Ganjar Presiden 2024

Baik koalisi reformis multi-etnis Pakatan Harapan (PH) pimpinan Anwar Ibrahim maupun aliansi Islamis pro-Melayu, Perikatan Nasional (PN) pimpinan Muhyiddin Yassin belum mendapatkan suara mayoritas pada Pemilu ke-15, Sabtu (19/11). Koalisi petahana Barisan Nasional (BN), belum memutuskan akan merapat ke Anwar atau ke Muhyiddin.

Tak lama setelah istana mengeluarkan pernyataan itu, aliansi PN mengaku telah menyerahkan deklarasi tersumpah kepada raja lebih dari 112 anggota parlemen untuk mendukung Muhyiddin sebagai PM.

Baca juga : Waketum Partai Garuda Usulkan 2 Langkah Ini

Hasil pemilu lalu, PN  memenangkan 73 kursi dari 220 kursi parlemen yang diperebutkan pada Sabtu, sedikit di bawah PH yang mendapat 82 kursi. Dalam koalisi PN ada Parti Islam Se-Malaysia (PAS). Kemenangan PAS dapat merusak kepercayaan investor karena partai tersebut sebelumnya telah menyerukan penerapan hukum syariah garis keras di negara ini.

Dalam keterangan terpisah, Anwar Ibrahim mengatakan, dia optimistis bakal jadi PM karena didukung koalisi Barisan Nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense