BREAKING NEWS
 

Dubes RI Ajak Jurnalis China Pelesiran Ke Indonesia

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Sabtu, 14 Januari 2023 17:37 WIB
Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun bersama para jurnalis perempuan di Beijing, China, Jumat, 13 Januari 2023. (Foto RM/KBRI Beijing)

 Sebelumnya 
Aspek penting lain yang disampaikannya adalah mengenai keberhasilan Indonesia memimpin KTT G20 dengan melahirkan Deklarasi Bali yang sifatnya inklusif dan relevan dengan keadaan dunia.

Beberapa terobosan seperti Pandemic Fund, Bali Compact and Bali Energy Transition Map, Digital Innovation Network dan Resilience and Sustainability Trust Fund menjadi flagship deliverables di antara hasil penting lainnya.

Baca juga : Sambut 2023, The Apurva Kempinski Bali Luncuran Kampanye ‘Powerful Indonesia

Pada keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Dubes RI menyampaikan bahwa dengan tema “ASEAN Matters : Epicentrum of Growth”, Indonesia akan terus mengukuhkan relevansi penting ASEAN di kawasan dan dunia.

Dalam kaitan ini, ASEAN akan membuka jalan menuju ASEAN 2045 dengan penguatan sentralitasnya, mempertahankan perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan di Asia Tenggara dan Indo-Pasifik.

Baca juga : Muktamar Haji Bahas Kemungkinan Sembelih Hewan Dam Di Indonesia

Tak kalah penting, Dubes Djauhari menyampaikan kinerja ekspor Indonesia, menurut pabean China, yang fantastis sebesar 70,7 miliar dolar AS untuk periode Januari sampai November 2022. Hal ini mengalami kenaikan signifikan sebesar 25,4% melampaui kinerja ekspor 2021 di angka 56,4 miliar dolar AS meski di tengah pengetatan pandemi. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense