BREAKING NEWS
 

Gempa M6.8 Guncang Elazig, Turki, 3 WNI Selamat

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 25 Januari 2020 17:17 WIB
Gempa bermagnitudo M6.8 yang mengguncang Elazig, Turki, Jumat (24/1) malam waktu setempat menghancurkan bangunan di sekitar pusat gempa. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 6,8 mengguncang wilayah Elazig, yang terletak di wilayah Timur Turki pada Jumat (24/1) malam waktu setempat. Dekat perbatasan Armenia, Irak, Suriah dan Iran.

Gempa berkedalaman 6,7 km dan berdurasi 15 detik itu menghancurkan sebagian gedung di sekitar pusat gempa.

Baca juga : Gempa 5.2 M Guncang Jayapura, Tidak Berpotensi Tsunami

Otoritas Bencana Turki (AFAD) menyebutkan, gempa tersebut menyebabkan 18 orang meninggal dunia, dan 553 korban luka-luka.

Adsense

Melalui Anggota Satgas Perlindungan WNI yang ada sekitar area gempa, KBRI Ankara melaporkan, di wilayah itu terdapat tiga WNI. Satu orang berstatus mahasiswa, dua lainnya menikah dengan warga setempat.

Baca juga : Gempa Bermagnitudo 4,5 Guncang Bima, NTB

"Kami telah berhasil mengontak salah satu dari mereka. Diperoleh informasi, ketiganya dalam kondisi selamat," demikian bunyi pernyataan KBRI Ankara, dalam keterangan tertulis yang diterima RMco.id, Sabtu (25/1).

"Kami terus memantau perkembangan, dan berkoordinasi dengan otoritas terkait setempat," imbuhnya.

Baca juga : Gempa 5,1 Goncang Garut, Getarannya Terasa Sampai Pelabuhan Ratu

KBRI Ankara memperkirakan, sedikitnya 3.300 WNI berada di Turki. Sebagian besar adalah mahasiswa atau pelajar, dan SPA Therapist yang bekerja di industri pariwisata Turki.

Dalam kondisi darurat, WNI di Turki dapat menghubungi Hotline KBRI Ankara +90 532 135 22 98. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense