BREAKING NEWS
 

Ini Cara Mudah Atur Perangkat Smart Home Yang Beragam

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Rabu, 12 Mei 2021 22:14 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Membangun rumah pintar (smart home) menjadi impian banyak orang saat ini. Tapi dengan menggunakan beragam perangkat pintar dari berbagai brand ternyata bukan main ribetnya karena aplikasi yang digunakan akan berbeda beda. Bagaimana menyiasatinya?

Sebut saja bagaimana kita mulai berpikir untuk memasang IP Cam atau Smart Cam (kamera pintar) dari brand A kemudian memasang lagi Smart Bulb (bola lampu pintar) dari brand B, kemudian menambah pemakaian perangkat Smart Plug (colokan pintar) dari brand C, tentu memusingkan untuk memantau dan mengontrolnya.

Karena itu sebagai tips untuk memudahkan Anda dan semua penghuni rumah ataupun kantor Anda, disarankan untuk menggunakan perangkat pintar dengan brand yang sama sehingga dapat di kontrol melalui 1 aplikasi yang sama.

“Kalau menggunakan satu aplikasi itu akan jauh lebih mudah dan lebih efisien, karena satu aplikasi bisa memantau dan mengontrol berbagai macam perangkat pintar di rumah,” ujar Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia, Rabu (12/5).

Baca juga : Petani Demak Sudah Panen, Harga Bawang Merah Stabil Hingga Lebaran

Yang dimaksud Yosia adalah Tapo App, yang berfungsi seperti remote control yang mengendalikan berbagai macam perangkat pintar dari Tapo seperti IP camera, smart plug dan smart bulb yang cukup untuk membangun ekosistem smart home.

Aplikasi ini bisa di download secara gratis di Playstore dan App Store. Tapo adalah sub-brand dari TP-Link yang khusus menawarkan berbagai perangkat smart home.

Adsense

Adapun perangkat Tapo yang sedang banyak diminati adalah Tapo P100 Smart Plug, Tapo C200 dan Tapo C100 IP Camera, Tapo L510E Smart Bulb dan Tapo L530E Multicolor Smart Bulb.

Yosia mengatakan Tapo P100 Smart Plug merupakan steker pintar yang dapat mengubah perangkat elektronik biasa menjadi perangkat pintar.

Baca juga : Kemenpora Siap Aktifkan Peran Pemuda Dalam Pembangunan

"Pengguna cukup menghubungkan perangkat elektronik yang ada di rumah seperti TV, teko listrik atau setrika listrik ke Tapo P100 Smart Plug untuk dapat mengontrolnya dari Tapo App," ujar Yosia.

Sementara IP Cam Tapo C200 dan Tapo C100 merupakan tipe IP Cam dengan berbagai keunggulan HD Video: 1080p, dapat menangkap gambar yang jernih meskipun dalam keadaan gelap hingga jarak 30ft.

Fitur yang paling menarik dari kedua IP Camera ini adalah Motion Detection and Notification dimana pengguna akan mendapatkan pesan instan di Tapo App ketika kamera mengangkap gerakan yang mencurigakan.

Tapo menawarkan 2 tipe smart bulb yaitu Tapo L510E dan Tapo L530E Multicolor Smart Bulb yang dapat diadjust sesuai dengan mood yang diinginkan, memiliki Fitur Schedule & Timer memungkinkan untuk menghitung mundur waktu untuk menghidupkan/mematikan bohlam serta membuat jadwal untuk menghidupkan/ mematikan bohlam.

Baca juga : Menteri LHK Dan KKP Kembangkan Blue Carbon Berkualitas

"Semua perangkat ini terhubung dengan satu app, yaitu Tapo App yang berperan sebagai remote control, sehingga dapat dikontrol dari mana saja dan kapan saja," ujar Yosia. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense