BREAKING NEWS
 

Nggak Ribet, Lamar Kerja di Kota Tangerang Cukup dari HP

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Selasa, 23 Agustus 2022 14:29 WIB
Virtual Job Fair Pemkot Tangerang (Foto: Dok. Pemkot Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 memberikan dampak luar biasa pada berbagai sektor kehidupan. Berbagai kebijakan pembatasan aktivitas yang diambil untuk menekan angka penularan Covid-19 memengaruhi sektor perekonomian sehingga terjadi peningkatan angka pengangguran.

Dalam menekan angka pengangguran akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Tangerang berusaha memfasilitasi para pencari kerja dengan rutin menggelar Virtual Job Fair setiap bulannya. Dalam informasi di akun Instagram @disnaker_kotatangerang, Virtual Job Fair bulan ini akan diadakan pada Rabu (24/8). Sebanyak 22 perusahaan akan berpartisipasi dengan jumlah 1.797 lowongan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, Virtual Job Fair ini adalah salah satu upaya sinergi antara Pemkot Tangerang dan swasta dalam mengentaskan masalah pengangguran. “Virtual Job Fair memang dihadirkan untuk memudahkan para pencari kerja dalam mendapat pekerjaan, apalagi kita masih harus tetap waspada Covid-19. Jadi, dibuat virtual untuk menghindari antrean dan kerumunan,” terang Arief dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (23/8).

Baca juga : Sidak SPBU, Erick Pastikan Ketersediaan BBM Bersubsidi Di Tangerang

Virtual Job Fair yang diselenggarakan secara live streaming di channel YouTube Kota Tangerang dapat diikuti warga Kota Tangerang maupun luar Kota Tangerang. Pada saat live streaming, berbagai perusahaan yang ikut serta akan memaparkan terkait perusahaannya, lowongan perkerjaan yang dibuka, hingga kualifikasi pegawai yang dibutuhkan. Lewat pemaparan tersebut, para pencari kerja bisa mencari tahu perusahaan mana yang akan cocok sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan dirinya.

Adsense

Setelah melihat pemaparan dari berbagai perusahaan, untuk melamar pekerjaan yang diminati, para pencari kerja tidak perlu lagi ribet bawa berkas lamaran dan antre ke perusahaan yang dituju. Cukup dengan HP melalui aplikasi Tangerang Live, para pencari kerja langsung bisa melamar pekerjaan.

Sejak rutin diadakan dari 2020 hingga Juli 2022, sudah ada sekitar 525 perusahaan yang berpartisipasi dan telah menyerap tenaga kerja sebanyak 11.093 orang. Tak hanya pencari kerja, perusahaan pun sebagai pihak yang membutuhkan pegawai dapat merasakan manfaat kemudahaan dari Virtual Job Fair. Perusahaan tidak perlu membuka stand seperti yang biasa dilakukan jika mengikuti Job Fair secara konvensional yang identik dengan antrean kerumunan dan berdesakan. Perusahaan mana saja bisa berpartisipasi, tidak memiliki kualifikasi khusus.

Baca juga : Golkar Tangerang Siap Jajaki Koalisi

Banyaknya perusahaan yang ikut serta dengan beragam lowongan posisi pekerjaan dan berbagai tingkat kualifikasi pendidikan yang dibuka pun semakin memperbesar kesempatan untuk para pencari kerja. Rahman, salah satu pencari kerja, merasa dimudahkan dengan adanya Virtual Job Fair hingga akhirnya bisa bekerja sebagai Operator Quality Control di PT Soraya Interindo.

“Awalnya lihat informasi di Instagram @humas_kota_tangerang, lalu coba-coba karena sangat mudah daftarnya. Cukup download aplikasi Tangerang Live, upload scan berkas dan bisa langsung melamar di perusahaan yang diminati. Alhamdulillah, selang 2-3 hari langsung dipanggil interview,” jelas Rahman.

Bagi para pencari kerja, bisa mengunduh aplikasi Tangerang Live dan pastikan akun sudah terverifikasi untuk melamar pekerjaan. Buka aplikasi Tangerang Live, lalu pada Layanan Ketenagakerjaan pilih Tangerang Cakap Kerja, dan pilih JobFair. Lengkapi data profil dan unggah berkas lamaran pada form yang tersedia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense