BREAKING NEWS
 

Jakarta Diprediksi Akan Banjir, Riza Patria Minta Warga Siaga

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Kamis, 18 Februari 2021 23:42 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat serta aparat bersiaga menghadapi prediksi banjir yang disampaikan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) pada 19-20 Februari 2021. 

"Memang beberapa hari diprediksi akan agak ekstrem. Masyarakat kami minta siap siaga, aparat siap siaga, kami juga sama-sama mempersiapkan, cuaca ini memang harus kita hadapi dengan bijak, tenang, sabar, kita sinergi positif, kolaborasi, itulah tugas kita melakukan pencegahan," kata Riza, di Jakarta, Kamis (18/2) seperti dikutip Antara.

Baca juga : Naik Ring, Pacman Minta Bayaran Rp 560 Miliar

Riza mengharapkan kesiagaan semua pihak mengingat ada tiga sumber banjir yang terjadi di Jakarta.  Mulai dari hujan lokal, pasang air laut, hingga hujan yang airnya berasal dari hulu.

Adsense

"Kita tidak tahu datangnya banjir, apakah hujan dari Katulampa dan Bogor, atau banjir rob, apakah hujan lokal kita harus siap. Sumber banjir di Jakarta ada tiga, jadi memang kita harus siap. Mudah-mudahan tahun ini tidak terjadi banjir seperti tahun sebelumnya," tuturnya.

Baca juga : Peduli Bencana Banjir, PT PP Salurkan Bantuan Di Tiga Wilayah Jateng

Riza menyampaikan, curah hujan tinggi di Jakarta masih terjadi dalam beberapa hari terakhir. Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem akan terjadi selama sepekan ke depan.

"Prediksi memang ke depan, sampai hari Minggu, cukup ekstrem. Kita lihat beberapa hari ini cukup tinggi curah hujan. Tapi, alhamdulillah tadi menurut laporan di 35 RT, 8 RW yang terendam banjir, ketinggian kurang lebih 40 cm tapi sudah turun dalam waktu yang singkat," ujarnya.

Baca juga : Wapres: Jika Banjir Berulang, Berarti Kita Tak Cerdas

Riza menambahkan, berdasarkan data yang diterimanya, mulai terjadi penurunan banjir di Jakarta yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Selain penurunan banjir, data genangan air di Jakarta juga mengalami penurunan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense