BREAKING NEWS
 

Festival Hak Asasi Manusia 2021

KSP: Pemda Ujung Tombak Pelaksanaan HAM Indonesia

Reporter & Editor :
SAIFUL BAHRI
Rabu, 17 November 2021 15:24 WIB
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Siti Ruhaini Dzuhayatin. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Siti Ruhaini Dzuhayatin mengatakan pemerintah daerah merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan HAM di Indonesia.

Menurutnya, selama ini pemerintah daerah berhasil menyelesaikan persoalan HAM karena lebih tahu dinamika dan persoalan yang sedang terjadi di masyarakat.

"Pemerintah daerah akan semakin percaya diri dan kompeten melindungi dan memenuhi HAM warganya. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan Festival HAM 2021 yang merupakan bentuk pengakuan atas pentingnya peran pemerintah daerah dalam pemajuan, perlindungan, dan penghormatan HAM.," tegas Ruhaini pada pembukaan Festival HAM di Kota Semarang, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/11). 

Baca juga : Syarief Hasan Dukung Langkah Pemerintah Selamatkan Garuda Indonesia

Ruhaini berharap persoalan-persoalan HAM diharapkan juga bisa diselesaikan oleh Bupati dan Walikota. "Karena pemimpin daerah memiliki kedekatan langsung dengan warga, sehingga lebih memahami dinamika dan kebutuhan warga," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ruhaini juga menyampaikan apresiasi kepada Kota Semarang sebagai tuan rumah Festival HAM 2021.

Adsense

Menurutnya, gelaran ini diharapkan menjadi forum berbagi praktik, pengalaman, dan strategi pelaksanaan HAM oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah.

Baca juga : Erick Thohir: Formula E Ajang Mempromosikan Indonesia

"Penyelenggara Festival HAM di kota ini membuktikan adanya kualitas aktivitas HAM di Kota Semarang yang berjalan dengan baik, termasuk toleransi antar umat beragama maupun pemenuhan hak-hak dasar warganya," ungkap Ruhaini.

Festival HAM 2021 digelar di Kota Semarang pada  16-19 November mengusung tema “Bergerak Bersama Memperkuat Kebhinekaan, Inklusi dan Resiliensi”.

Acara ini bertujuan menciptakan ruang dialog multi pihak yang konsisten mendiskusikan praktik-praktik baik tata kelola pemerintahan daerah yang berbasis pada hak asasi manusia.

Baca juga : Festival Kesehatan Astra 2021 Angkat Tema Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku

Acara ini juga untuk meneguhkan komitmen multipihak mengimplementasikan konsep dan prinsip hak asasi manusia.

Festival HAM yang diinisiasi Kantor Staf Presiden (KSP) Komnas HAM RI, dan INFID tersebut, akan diisi dengan berbagai diskusi terkait Hak Asasi Manusia. Selain itu, peserta juga diajak berkunjung ke wilayah ramah HAM, dan disuguhi gelaran Semarang Night Carnival. [IPL]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense