BREAKING NEWS
 

Parade Pesona Kebangsaan Harlah Pancasila

Waka BPIP: Ende Jadi Refleksi Masa Depan Indonesia

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : ADITYA NUGROHO
Sabtu, 28 Mei 2022 21:11 WIB
Festival Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia di kota Ende. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Parade Pesona Kebangsaan berlangsung meriah di Kota Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (28/5). Festival 'Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia' yang didukung Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini membuka rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022. 

Berdasarkan pantauan, sejak pagi ribuan warga Ende dan Flores tumplek blek dengan baju adat dan ornamen Garuda Pancasila. Mereka antara lain para anak sekolah, guru, orangtua, ASN, ormas, tokoh adat, seniman, polisi, dan TNI. Ikut serta pula jajaran BPIP, Pemkab Ende, serta perangkat daerah.

Parade dimulai saat ratusan kapal tradisional dari Pulau Ende tiba di Pelabuhan Soekarno. Mereka berlabuh di sekitar KRI Teluk Banten 516 TNI AL yang duluan tiba pada Kamis (26/5). 

Baca juga : Kepala BPIP: Berpulangnya Buya Syafii Kehilangan Besar Bagi Bangsa Indonesia

Usai disambut Bupati Ende, Djafar H. Achmad, barisan parade berjalan kaki menuju 6 lokasi utama Soekarno menghabiskan banyak waktu selama di Ende yakni: Kantor Polisi Militer, Rumah Pengasingan Soekarno, Serambi Soekarno, Gedung Imaculata, Makam Ibu Amsi, dan Taman Permenungan Pancasila.

Adsense

Menurut Wakil Kepala BPIP Haryono, ada makna dibalik sebutan 'Kota Rahim Pancasila'. Ende bukan kota dimana Pancasila lahir. Namun tempat Bung Karno mengabstraksikan pikiran-pikiran yang telah diperjuangkannya hingga melahirkan rumusan sila dan butir Pancasila.

"Pancasila lahir di Gedung Chuo Sangi In, Jakarta. Tapi saat dibuang ke Ende oleh Pemerintah Belanda, Bung Karno justru mendapat kesempatan kontemplasi dan refleksi yang kemudian dijadikan sebagai dasar dan orientasi bangsa ini ke depan," terang Haryono di Rumah Pengasingan Bung Karno, Jalan Perwira. 

Baca juga : Raih Banyak Medali, Ini Harapan Sekjen PB Percasi Untuk Atlet Catur Indonesia

BPIP mendukung Ende sebagai pusat Peringatan Harlah Pancasila 2022 juga lantaran aspek benteng kemaritiman dan toleransi masyarakat yang menjadi inspirasi Bangsa Indonesia. 

"Intinya Pancasila bukan milik orang Jawa. Ini sesuai dengan konsep pemerintahan Presiden Jokowi bahwa membangun tidak harus dari pusat tapi daerah," beber Haryono. 

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama BPIP Elfrida Herawati Siregar menambahkan, dalam Harlah Pancasila 2022 di Ende, pihaknya mengusung tema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia". BPIP akan menggelar pembekalan penguatan pembinaan ideologi Pancasila berupa seminar, talkshow, dan napak tilas hingga Presiden Jokowi berkunjung pada 1 Juni mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense