BREAKING NEWS
 

Hasil Survei Poltracking

Pengamat: Keinginan Masyarakat Ke Calon Pasangan Ganjar-Erick Di Pilpres 2024 Sudah Bulat

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Jumat, 10 Juni 2022 19:36 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Poltracking Indonesia terbaru menempatkan duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai calon pasangan capres cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi. Sementara elektabilitas calon pasangan Anies-Puan merupakan yang terendah dari hasil polling Poltracking yang dihimpun dari 1.220 responden.

Yang menarik, dari hasil Poltracking ini, pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 27,6 persen, lebih tinggi dari simulasi pasangan lain seperti Prabowo Subianto-Puan Maharani dengan 20,7 persen, dan Anies Baswedan- Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 17,9 persen.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya Prof Anang Sujoko menilai, hasil survei Poltracking itu menunjukkan representasi elektabilitas calon pasangan yang akan maju dalam kontestasi pilpres 2024 mendatang.

Baca juga : Ganjar-Erick Paling Moncer, Prabowo-Puan & Anies-AHY Kebalap

"Bisa jadi hasil survei Poltracking merupakan cerminan keinginan mayoritas masyarakat terhadap figur capres dan cawapres di 2024. Calon pasangan yang muncul di Poltracking juga memiliki media exposure yang tinggi. Exposure media yang tinggi itu ditangkap secara positif oleh responden," ungkap Anang, Jumat (10/6).

Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sendiri beberapa waktu yang lalu mengunjungi kawasan industri di Batang bersama Presiden Jokowi.

Keakraban tiga tokoh tersebut, menurut Anang bisa ditangkap sebagai sinyal dukungan Jokowi kepada Ganjar dan Erick. Sebagai tokoh politik, Anang menilai, Jokowi pasti telah mempertimbangkan dan memikirkan dampak yang akan muncul ketika ia akrab bersama Ganjar dan Erick di Batang.

Adsense

Baca juga : Kinerja Nyata Dirasakan Rakyat, Airlangga Bakal Jadi Capres 2024 Terkuat

"Bahasa tubuh ketiga tokoh tersebut menunjukan keakraban dan kedekatan. Itu menggambarkan hubungan mereka yang sangat positif. Dalam memilih capres dan cawapres masyarakat akan mengutamakan kenyamanan terhadap tokoh tersebut. Mungkin masyarakat melihat calon pasangan Ganjar-Erick sebagai tokoh yang merakyat, mengayomi dan membuat nyaman," terang Anang.

Sebelum bertemu dengan Jokowi dan Ganjar, Erick Thohir juga bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan jajarannya.

Saat itu, Erick mendapatkan sanjungan dari Surya Paloh sebagai salah satu tokoh politik muda yang bersinar dan memiliki visi.

Baca juga : Masyarakat Sidoarjo Harapkan Sandiaga Maju Di Pilpres 2024

Pujian tersebut, menurut Anang dapat diterjemahkan bahwa Erick sudah masuk dalam radar NasDem sebagai salah satu tokoh politik yang bisa diusung sebagai cawapres 2024 mendatang.

Sampai saat ini, NasDem sendiri belum menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024. "Erick sudah masuk radar sebagai calon yang memiliki potensi besar untuk diusung NasDem," analisa Anang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense