BREAKING NEWS
 

Sumbang 8,4 Persen Perekonomian Nasional

Top, Ganjar Bikin Jateng Jadi Destinasi Investasi Dunia

Reporter & Editor :
MARULA SARDI
Rabu, 9 November 2022 18:59 WIB
Ganjar menjadi pembicara dalam Central Java Investment Business Forum (CJIBF) di Hotel Gumaya Semarang, Rabu (9/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terus dilirik para investor untuk menjadi sasaran investasi. Terhitung, pada triwulan I hingga III tahun 2022, nilai realisasi investasi Jateng telah mencapai Rp 44,99 triliun dengan jumlah proyek berjalan sebanyak 14.704.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menjadi pembicara dalam Central Java Investment Business Forum (CJIBF) mengungkapkan, pintu investasi di Jateng masih sangat terbuka lebar untuk para calon investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Hari ini kami dibantu oleh BI secara bersama-sama dengan KADIN, kita mencoba mencari format sekaligus menawarkan potensi investasi yang ada di Jawa Tengah, apa saja fasilitasnya, di mana tempatnya," ujar Ganjar usai acara di Hotel Gumaya Semarang, Rabu (9/11).

Berjalannya program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan baik serta mudahnya izin investasi di Jateng menjadi faktor para investor berbondong-bondong menanamkan modalnya. Tak ditemukan kasus pungli perizinan juga membuat Jateng semakin dilirik investor.

Baca juga : Orasi Di Wisuda Universitas Pancasila, Ganjar Optimis Indonesia Jadi Negara Maju

Kemudian, terdapat 5 kawasan industri dan 1 kawasan ekonomi khusus di Jateng yang dapat menjadi peluang investor untuk berbisnis. Infrastruktur pendukung seperti pelabuhan, bandara, jalan tol, ketenagalistrikan hingga jalur kereta api di Jateng juga semakin memudahkan lalu lintas investasi.

"Sehingga kita memproyeksikan ada berapa calon investor, baik itu dari luar negeri maupun dalam negeri. Secara keseluruhan kita harapkan ditengah situasi sulit ini, ayo kita gerakkan kekuatan dari Jawa Tengah agar mampu berkontribusi untuk kebutuhan ekonomi secara nasional," jelas Ganjar.

Adsense

Ganjar menyampaikan, jumlah sumber daya manusia (SDM) berkualitas juga terus bertambah. Hal itu tak lepas dari program vocational school atau SMK gratis di Jateng yang digagas Ganjar untuk menciptakan tenaga kerja yang unggul dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

Hingga hari ini, Jateng sudah menyerap sebanyak 170.757 tenaga kerja dengan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 72,16 dan tidak jauh dari nilai IPM nasional sebesar 72,29.

Baca juga : AHY Pilih Dampingi SBY Jadi Co-Host Forum Dunia

Menurut Ganjar, para pekerja harus dibekali sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas agar kemampuan yang terasah bisa cocok dengan kebutuhan perusahaan yang akan menjaring para pekerja.

"Labour (pekerja) harus memiliki skill, ini penting. Siapa yang harus memfasilitasi? Satu, pemerintah. Kedua, ini harus match (cocok) dengan bisnis. Kalau obrolan hari ini kita bisa dapat, SDM apa yang anda harapkan agar pabriknya bisa kita siapkan atau sekolahnya," ungkap Ganjar.

"Nanti ada beberapa sekolah yang kita siapkan di sekitar kawasan industri Batang nanti ada satu. Nanti standarnya kita tinggikan, sehingga yang ingin masuk benar-benar terseleksi. Karena teaching industry nanti akan terlihat dekat dengan sekolahnya," sambung Ganjar.

Tingginya nilai investasi di Jateng membuat pertumbuhan ekonomi Jateng ikut meningkat sebesar 5,66 persen, bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,44 persen. Hal itu pun membuat Jateng menyumbang 8,4 persen dari perekonomian nasional.

Baca juga : HISNU Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

"Kami selalu berkomunikasi intens dengan para investor dan calon investor agar mereka bisa mengembangkan bisnisnya dengan baik, yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dan juga nasional," kata Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense