Dark/Light Mode

Lupakan Sejenak Perpolitikan Nasional

AHY Pilih Dampingi SBY Jadi Co-Host Forum Dunia

Sabtu, 29 Oktober 2022 07:40 WIB
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Instagram @agusyudhoyono).
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Instagram @agusyudhoyono).

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan lembaganya berkomitmen menjaga perdamaian, stabilitas, dan upaya menganggulangi potensi krisis di tingkat global. Salah satu wujudnya, menginisiasi dialog kebijakan bersamaClub de Madrid, di Berlin.

“Forum dialog ini merupakan salah satu bentuk konkret komit­men TYI dalam mengimplemen­tasikan tiga pilar utamanya, yaitu Liberty, Prosperity dan Security,” ujar AHY, melalui keterangan tertulis, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

AHY menceritakan, forum Club de Madrid kali ini akan mengangkat tema “Leading in a World of Converging Crises” di Bertelsmann Representation “Unter den Linden 1”, Berlin, Jerman, pada 31 Oktober-1 November 2022.

Baca juga : IFLA Puji Penyelenggaraan Konferensi Perpustakaan Internasional Di Indonesia

Dijelaskan, forum ini merupakan dialog tahunan Club de Madrid yang sejalan dengan inisiasi dari Presiden Republik Indonesia keenam, sekaligus Chairman TYI, Prof. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka merespons berbagai ancaman isu dan permasalahan global saat ini.

Di antara permasalahan yang menjadi sorotan SBY di antaranya;krisis pangan, krisis energi, keuangan dan juga krisis peruba­han iklim. Jadi, pertemuan nanti, selain membicarakanpotensi, juga mencari solusi bersama ihwal krisis dunia.

Ketua Umum Partai Demokrat ini menyebut, TYI di forum yang dihadiri para pemimpin dunia ini akan menjadi bagian penting dan strategis. Selain AHY menjadi co-host, SBY selaku inisiator terse­lenggaranya acara ini juga akan memberikan opening remarks dan panelis utama pada sesi pertama dialog dan closing remarks.

Baca juga : Dongkrak Logistik Nasional, ALFI Minta Kompetensi SDM Diperkuat

“TYI turut ambil bagian dalam menjaga perdamaian, sta­bilitas dan upaya menanggulangi potensi krisis di tingkat global. Sebagai lembaga think tank, TYI harus turut ambil bagian dalam upaya perbaikan dan menjaga perdamaian, stabilitas dan ke­amanan dunia,” ujar AHY.

Acara ini diselenggarakan Club dari Madrid, yang merupakanperhimpunan mantan Presiden dan Perdana Menteri demokratis terbesar di dunia, berkolaborasi dengan Liz Mohn Center dari Bertelsmann Stiftung, Kantor Luar Negeri Federal Jerman serta The Yudhoyono Institute.

Peserta dari berbagai belahan dunia akan hadir dalam forum Dialog Kebijakan tahun 2022 ini secara hybrid (offline dan online). Mereka adalah Anggota Club de Madrid Susilo Bambang Yudhoyono (Indonesia), Gordon Brown (Inggris), Antonio Guterres (Perserikatan Bangsa-Bangsa), Horst Köhler (Jerman), Helen Clark (Selandia Baru), Dalia GrybauskaitÄ— (Lithuania), Aleksander Kwasniewski (Polandia) dan Olusegun Obasanjo (Nigeria).

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, Cordela Hotel Bagikan Hadiah Istimewa

Beberapa otoritas nasional dari Jerman seperti Menteri Keuangan Christian Lindner, Menteri Negara di Kantor Luar Negeri Federal Tobias Lindner, dan Presiden Badan Lingkungan Hidup Jerman Dirk Messner, juga turut hadir. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.