BREAKING NEWS
 

Tutup Rapim, Kapolri Pastikan Kawal Seluruh Kebijakan Pemerintah

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Jumat, 10 Februari 2023 12:25 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menutup Rapat Pimpinan (Rapim) Polri tahun 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/2).

Kegiatan tersebut menekankan soal peran aparat kepolisian dalam mengawal seluruh kebijakan pemerintah hingga menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Menurut Sigit, Rapim Polri ini menindaklanjuti arahan dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ketika membuka Rapim TNI-Polri, khususnya untuk mengawal program kebijakan nasional demi memajukan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia.

"Mulai dari bagaimana menjaga dan mengawal investasi, mengawal investasi industri, mengawal kebijakan nasional. Kita juga memiliki tugas dan tanggung jawab terkait tugas pokok kita untuk melaksanakan harkamtibmas dan penegakan hukum," tutur Sigit usai menutup Rapim Polri.

Baca juga : Sedihnya, Korban Gempa Suriah Kesulitan Dapat Bantuan

Dia juga menyebut, dalam Rapim Polri, seluruh jajaran diingatkannya untuk siap mengawal seluruh rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 agar berjalan aman, damai dan lancar.

"Dari persiapan pengamanan, langkah untuk meredam terjadinya polarisasi atau hal-hal yang mengarah ke politik identitas dengan cooling system bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh daerah dan seluruh elemen masyarakat," ungkapnya. 

Dalam mengawal Pemilu 2024, Sigit juga menekankan soal menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adsense

"Walaupun tentunya ada perbedaan pilihan, ada perbedaan pendapat, namun jangan mengorbankan yang namanya persatuan dan kesatuan. Ini yang harus terus kita ingatkan," ingat eks Kabareskrim Polri ini.

Baca juga : Menpora Pastikan Pemilu dan PON Aceh-Sumut Berjalan Beriringan

Sigit menyatakan, TNI dan Polri juga akan siap mengawal dan mengamankan seluruh agenda internasional yang diselenggarakan di Indonesia.

Di antaranya, Formula 1 (F1) Power Boat yang digelar di Danau Toba Medan pada 25-26 Februari 2023. Juga, pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia.

Dalam hal ini, Polri telah mengundang pengajar dari Inggris dalam rangka manajemen penyelenggaraan kompetisi sepak bola.

"Kita beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan pelatihan dengan menghadirkan pelatih dari Coventry University Inggris yang diikuti oleh beberapa personel, baik dari LIB maupun personel polisi," ucap Sigit.

Baca juga : Safari Politik Makin Gencar, Koalisi Belum Mengkristal

Selain itu, ditambahkannya, Rapim Polri juga membahas soal mengantisipasi seluruh wilayah yang rawan konflik. Juga, menyinggung soal peningkatan kualitas pelayanan Polri terhadap masyarakat.

Polri bersama TNI juga akan fokus melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ia menekankan kepada Polda jajaran yang wilayahnya rawan karhutla, untuk menanggulangi hal tersebut.

"Juga kesiapan dari ASAP digital aplikasi untuk memantau apabila terjadi kebakaran, alat-alat yang harus disiapkan manakala terjadi kebakaran. Itu semua kita minta untuk aktifkan sehingga begitu ada titik hotspot segera bisa dipadamkan," tutup Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense