BREAKING NEWS
 

Cegah Banjir, Ganjar Dorong Konservasi Hutan Di Daerah Aliran Sungai

Reporter & Editor :
MARULA SARDI
Jumat, 24 Februari 2023 14:33 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendorong konservasi hutan di Daerah Aliran Sungai (DAS) wilayah hulu. Ganjar mengatakan, hal itu dilakukan untuk mencegah banjir dalam jangka panjang. 

"Yang di Solo, Karanganyar, Sukoharjo, sampai hulunya di Wonogiri, DAS-nya mesti kita cek betul. Termasuk kondisi hutan yang ada di sana. Tapi ini jangka panjang," kata Ganjar di Semarang, Jateng, Jumat (24/2). 

Ganjar mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim lapangan untuk mendorong realisasi konservasi. Menurut Ganjar, hal ini mesti dilakukan untuk mempercepat pencegahan bencana tersebut. 

Baca juga : Respons Arahan Jokowi, Ganjar Gaspol Lakukan Micro Targeting Atasi Kemiskinan Dan Stunting

"Kemarin kita undanglah sekdanya ngecek yang ada di lapangan, yang ada di hulunya suka tidak suka harus dikonservasi. Di daerah-daerah aliran sungai ini mesti ketata, tata ruangnya ketat," kata Ganjar. 

Adsense

Ganjar pun meminta jajarannya untuk fokus memperhatikan aspek lingkungan dalam pencegahan banjir. Ganjar juga meminta jajarannya untuk mengkesampingkan hal lain di luar konservasi. 

"Jangan karena kita ingin mendapat pendapatan, kita membuka ruang untuk bisnis, dunia usaha, hati-hati lah soal itu," kata Ganjar. 

Baca juga : Tiru KAGAMA, Ganjar Ingin Pasang Instalasi Pemanen Air Hujan Untuk Jateng

Di samping itu, Ganjar juga akan kembali mengajukan modifikasi cuaca. Ganjar mengatakan, harus ada langkah mitigasi, terutama di bagian hulunya. 

"Jangka pendeknya kita minta lagi dilakukan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca). Itu modifikasi cuacanya akan kita lakukan lagi sehingga kita bisa mencegah kondisi itu (banjir)," pungkas Ganjar. 

Sebelumnya, sejumlah daerah di Solo Raya sempat terendam banjir karena intensitas hujan yang tinggi dan meluapnya Bengawan Solo. Pasca banjir tersebut, Ganjar berupaya akan melakukan penataan Sungai Bengawan Solo dari hulu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense