Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Renungan Spiritual Bulan Rajab (16)

Kedamaian Di Langit Bulgaria

Selasa, 21 Februari 2023 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Jarum jam menunjukkan pukul 6.30 pagi. Pilot pesawat melakukan manuver di sela pegunungan Vitosha yang berselimut salju, yang terkenal keindahannya itu, sebelum mendarat di bandara internasional Sofia, Bulgaria. Bagaikan kota mati, tidak kelihatan manusia dan kendaraan lalu lalang di sekitar bandara seperti di Cengkareng. Mungkin mereka masih sedang menikmati hari Minggunya di kediaman mereka masing-masing.

Filosofi gunung sebagai lambang ketenangan lebih terasa di Bulgaria. Ketika menyaksikan bola dunia cikal bakal hunian manusia bergetar liar entah berapa ratus scala richter, Malaikat bertanya kepada Allah, bagaimana mungkin bumi ini akan dihuni manusia dengan kondisi bumi seperti itu.

Baca juga : Di Atas Langit Masih Ada Langit

Setelah Allah menancapkan gunung-gunung sebagai patok bumi langsung bola bumi diam dan tenang. Malaikat tertekun takjub dan bertanya, ya Allah betapa hebat gunung itu mampu mendiamkan bumi, adakah yang lebih hebat dari bumi?

Dijawab masih ada yaitu besi yang mampu meratakan gunung. Malaikat bertanya sungguh hebat besi itu, masih adakah lebih hebat dari besi? Dijawab masih ada, yaitu api yang mampu menghancurleburkan besi.

Baca juga : Citra Positif Hawa Dalam Al-Qur`an

Malaikat bertanya lagi, sungguhh dahsyat api itu, masih adakah lebih hebat dari api? Dijawab masih ada, yaitu air yang mampu memadamkan api. Malaikat bertanya lagi, sungguh hebat air itu, masih adakah lebih hebat dari air? Dijawab masih ada, yaitu udara yang mampu menguapkan air. Malaikat bertanya lagi, masih adakah lebih hebat dari udara? Dijawab masih ada, yaitu orang yang menyumbang tangan kanannya tanpa ketahuan tangan kirinya. Hadis Nabi ini menunjukkan kehebatan orang ikhlas yang lebih hebat dari gunung, besi, api, air, dan udara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.