BREAKING NEWS
 

Tuan Guru Sahabat Ganjar Gelar Pelatihan Menyembelih Hewan Kurban Jelang Iduladha

Reporter & Editor :
OCTARIO SANJAYA
Kamis, 11 Mei 2023 14:18 WIB
Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan pelatihan menyembelih hewan kurban di Majelis Taklim Musyawarah Kecamatan Medan Johor Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (10/5/2023). (Foto: Ist).

 Sebelumnya 
“Memang sepele masalah penyembelihan hewan, (tapi) kita khawatir penyembelihan itu halal atau haram. Bukan sekadar (disembelih sampai) mati saja,” ujar Ilyas.

Dalam pemaparannya, Ustadz Thohir menjelaskan penyembelihan hewan pada momentum Kurban atau selain itu, harus sesuai dengan syariat Islam. Sebab, hewan yang disembelih asal-asalan bisa membuat daging hewan tersebut haram untuk dikonsumsi.

Baca juga : Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Safety Riding Bagi Driver Ojol

Dalam pelaksanaannya, penyembelihan hewan bisa dilakukan laki-laki maupun perempuan yang beragama Islam. Namun, dalam momentum Kurban hanya dilakukan oleh laki-laki dengan syarat tertentu.

Ustaz Thohir mengatakan penyembelihan hewan dimulai dengan membaca bismillah sebagai salah satu syarat sahnya menurut sebagian besar mazhab.

Baca juga : Menteri Hadi Deklarasikan Solo Kota Lengkap

Penyembelihan itu pun diharuskan memotong dua urat nadi untuk memastikan hewan tewas dalam waktu singkat. Karena itu, Ustadz Thohir menyarankan pisau yang digunakan itu sangat tajam sehingga tidak menyiksa hewan yang akan disembelih.

Lebih lanjut, ia menjelaskan waktu penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah salat Iduladha. Apabila diperlukan bisa pada malam hari, tapi kalau tidak ada kebutuhan mendesak hukumnya makruh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense