BREAKING NEWS
 

Hujan dan Angin Kencang, Atap Plafon Terminal Keberangkatan Bandara Syamsuddin Noor Jebol

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 30 Desember 2019 11:01 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Akibat hujan dan angin kencang, atap plafon Terminal Keberangkatan Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan jebol pada Minggu, (29/12). Kejadian ini tentunya sangat disayangkan, mengingat bandara tersebut baru diresmikan pada 19 Desember 2019.

Info ini disampaikan Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan, melalui keterangan tertulisnya, Senin (30/12).

"Hujan dan angin kencang mengakibatkan terlepasnya sebagian plafon berukuran 3 x 5 meter di ujung terminal bandara tersebut, pada Minggu (29/12) pukul 04.00 WITA," ungkap Handy.

Baca juga : Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Siap Diverifikasi Kemenhub

Handy menjelaskan, debit air yang terlampau besar akibat hujan lebat itu tidak terdistribusi dengan baik. Sehingga, dak beton penuh dan turun ke plafon.

Di sisi lain, setelah dilakukan pengecekan, terjadi sumbatan pada saluran pembuangan oleh pekerjaan yang belum sepenuhnya dibersihkan. Akibatnya, air melimpah dan jatuh pada area plafon Terminal Bandara Syamsudin Noor. 

Adsense

PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai pengelola bandara, bergerak cepat memperbaiki plafon. Pekerjaan perbaikan plafon juga melibatkan kontraktor pembangunan terminal, karena bangunan tersebut masih dalam masa pemeliharaan. Alhasil, pekerjaan perbaikan pun kelar pada Minggu (29/12) tengah malam.

Baca juga : Pemerintah Buka Pintu bagi Asing Ikut Lelang Pembangunan Bandara Singkawang

"Setelah dilakukan pembersihan sisa semen dan kotoran, air dapat mengalir dengan baik. Perbaikan  tersebut telah berhasil diselesaikan pada Minggu (30/12) pukul 00.00 WITA," tuturnya.

Handy memastikan, meski plafon jebol berlokasi di dalam terminal, kejadian ini tak berpengaruh terhadap operasional bandara.

Pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan ulang pipa down spot, baik di posisi gatter maupun dak beton selasar, untuk mengantisipasi insiden serupa.

Baca juga : Pertamina Kembangkan UMKM Di Bantaran Sungai Surabaya

Handy memastikan, kejadian tersebut tak akan berulang lagi di masa mendatang. PT Angkasa Pura I siap mengikuti prosedur perawatan dan pemeliharaan fasilitas layanan bandara, sesuai prinsip yang telah dicanangkan.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pengguna jasa akibat kejadian ini. Kami memastikan, kejadian serupa tidak akan terulang kembali di masa datang," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense