BREAKING NEWS
 

Awas, Kasus Apple Jadi Korban Ransomware Bisa Menimpa Perusahaan Dalam Negeri

Reporter & Editor :
FAZRY
Jumat, 30 April 2021 14:20 WIB
ilustrasi pencurian data. (ist)

 Sebelumnya 
"Sebelumnya di tanah air sendiri sempat ada kabar bahwa Pertamina diserang oleh ramsomware RansomEXX, namun perusahaan plat merah itu belum melakukan konfirmasi terkait hal tersebut. Namun dari info yang didapat ada juga beberapa perusahaan tanah air lain yang juga terkena serangan tersebut,” tegas Pratama.

Ditambahkan kejadian semacam itu seharusnya tidak terjadi di perusahaan - perusahaan yang ada di tanah air. Sebaiknya perusahaan negara selalu bekerjasama dengan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) untuk melakukan audit digital forensic dan mengetahui lubang-lubang keamanan mana saja yang ada pada sistem.

Baca juga : Gus Yaqut: Jadi Ketum GP Ansor Nggak Bisa Sembarang Orang

Langkah ini sangat perlu dilakukan untuk menghindari pencurian data di masa yang akan datang. Peristiwa ini kata dia, adalah peringatan bagi perkembangan industri teknologi di tanah air yang terkoneksi dengan internet.

"Bisa dibayangkan bila perusahaan atau sektor strategis dan vital negara banyak yang terkena serangan malware dan juga ransomware. Blackout akan kembali mengancam kehidupan,” jelas pria asal Cepu Jawa Tengah ini.

Baca juga : Nyaris Jadi Korban Pemalakan Di Angkot

Menurut Pratama sebaiknya di tanah air sedari dini pemerintah segera menyelesaikan Rancangan Undang-undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi dan RUU Ketahanan Keamanan Siber, untuk melengkapi perundangan yang menaungi wilayah siber.

Semua pihak dituntut harus bisa meningkatkan keamanan pada sistem informasinya, meningkatkan perlindungan data, meningkatkan edukasi keamanan siber SDM dan adopsi teknologi terkini. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense