BREAKING NEWS
 

Ketua Komisi XI DPR Optimis Indonesia Dapat Hadapi Pandemi dan Capai Target Pembangunan

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Kamis, 30 April 2020 18:58 WIB
Dito Ganinduto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto telah menerima penjelasan Pemerintah tentang perkembangan indikator-indikator asumsi dasar dan target-target pembangunan di dalam APBN 2020 sampai dengan April 2020 di tengah wabah Covid-19. Dari penjelasan itu, Dito yakin Indonesia bisa menghadapi pandemi Covid-19 dengan selamat dan mampu memcapai target pembangunan yang sudah ditentukan.

Dito mendukung langkah-langkah serta upaya kebijakan yang dirumuskan bersama oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta menteri teknis terkait dan anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam merespons penanganan Covid-19. “Yaitu dengan fokus kepada sektor kesehatan, social safety net, dan dukungan usaha melalui refocusing dan realokasi APBN 2020 pada belanja kementerian/lembaga, maupun transfer ke daerah dan dana desa (TKDD), serta kebijakan moneter oleh Bank Indonesia,” ucap Bendahara Umum Partai Golkar itu dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (30/4).

Adsense

Baca juga : Wayan Sudirta Bela Yasonna yang Digugat Karena Program Asimilasi

Dito juga mendukung pelaksanaan dan perluasan social safety net terus disalurkan. Hal itu demi melindungi kebutuhan dasar masyarakat agar tetap bertahan dalam kondisi krisis sampai berakhirnya wabah Covid-19. Juga memperkecil dampak dari wabah Covid-19 terhadap asumsi makro dan target-target pembangunan yang telah ditetapkan Pemerintah di tahun 2020. 

“Dalam situasi yang luar biasa ini, Komisi XI DPR memahami kondisi Pemerintah dan kebutuhan pembiayaan. Untuk itu, Bank Indonesia perlu membuka peluang membeli SBN (Surat Berharga Negara) yang diterbitkan Pemerintah dengan bunga yang tidak memberatkan Pemerintah. Hal ini untuk mendukung pembiayaan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 serta program bantuan jaring pengaman sosial untuk rakyat miskin dan UMKM,” terangnya.

Baca juga : Soal Kartu Prakerja, Supriansa: Jangan Berpikir Negatif Ke Pemerintah

Selanjutnya, kata Dito, di tengah penanganan pandemi Covid-19, diharapkan Pemerintah terus berupaya untuk mencermati berbagai perkembangan yang terjadi di global maupun domestik. Juga mengambil langkah-langkah yang tepat dan terukur untuk melakukan antisipasi dampak Covid -19 terhadap aspek sosial, ekonomi, dan keuangan. 

“Dengan asumsi makro yang telah dirumuskan secara realistis dan dukungan seluruh pihak untuk bergotong-royong mengatasi pandemi, kita optimistik dapat menghadapi pandemi dan target-target pembangunan yang dibuat dapat dicapai,” tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense