BREAKING NEWS
 

Hari Kesaktian Pancasila, Puan Bacakan Ikrar Di Lubang Buaya

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Jumat, 1 Oktober 2021 13:11 WIB
Ketua DPR Puan Maharani membacakan ikrar saat upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (1/10). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (1/10).

Dalam ucapara yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, Puan membacakan ikrar yang diamini oleh para peserta upacara.

Baca juga : Jokowi: Pancasila, Panduan Tantangan Di Setiap Zaman

"Di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," seru Puan.

Adsense

Puan menyebut, sejak Kemerdekaan NKRI diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga : Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Lubang Buaya

Rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan dan kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

"Melalui semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Baca juga : MPR Dan Aliansi Kebangsaan Bakal Gelar Kongres Kebangsaan

Cucu Proklamator Bung Karno ini mengatakan, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, bangsa Indonesia membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Selain Presiden Jokowi dan Ketua DPR, upacara dihadiri oleh Wakil Presiden, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD LaNyalla Mattalitti, Mendikbudristek Nadiem Makarim, dan Menteri Agama KH. Yaqut Cholil Qoumas. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense