BREAKING NEWS
 

Peringati Hari Santri Nasional

Fraksi PKS DPR Konsisten Gelar Program Lomba Baca Kitab Kuning Edisi Ke-6

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Kamis, 27 Oktober 2022 11:11 WIB
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Anggota DPR Dapil Banten ini juga menjelaskan bahwa LBKK Fraksi PKS dimaksudkan untuk mengembangkan literasi Bahasa Arab sebagai bahasa al-Quran dan bahasa dunia di kalangan generasi muda.

"Mempelajari Bahasa Arab merupakan salah satu syarat bagi seseorang untuk mengetahui dan mempelajari nilai-nilai Islam secara otentik. Al-Quran dan Hadits pakai Bahasa Arab, Kitab-Kitab Rujukan dari para Ulama dunia juga menggunakan Bahasa Arab," terangnya.

Sementara itu seluruh narasumber mengapresiasi komitmen dan konsistensi Fraksi PKS dalam mengisi Hari Santri Nasional dengan menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning setiap tahun.

Adsense

Prof. Dr. Rochmad Wahab berharap Fraksi PKS terus istiqomah menyelenggarakan LBKK setiap tahunnya karena sangat positif memotivasi santri untuk mendalami karya-karya ulama besar dan menjaga aqidah ahlus sunnah wal jamaah.

Baca juga : HISNU Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

Dr. KH. Muslih Abdul Karim menyatakan, peran pesantren sangat besar dalam membentuk karakter santri melalui pengajaran kitab kuning. Dengan demikian pesantren ikut membentengi agenda-agenda bangsa.

Sementara KH. Fahmi Amrullah Hadzik menekankan, salah satu pesan penting dari khazanah kitab kuning yaitu sesama umat Islam untuk menghargai perbedaan dan menjaga silaturahmi. Menurut Gus Fahmi, hanya dengan itulah kemulian islam atau izzul islam wal muslimin bisa tercapai.

LBKK ke-6 Fraksi PKS DPR ini mulai dibuka pendaftaran pada 1-19 November 2022. Babak Penyisihan digelar di Kantor DPW PKS Tiap Provinsi pada 20 November-4 Desember 2022. Pemenang Tingkat Provinsi berhak mengikuti Babak Final yang akan dilaksanakan di Gedung DPR RI pada 13 Desember 2022.

Adapun Kitab dibaca adalah Kitab Fathul Mu'in karya Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin AlMalibari. LBKK ke-6 Fraksi PKS DPR ini memperebutkan hadiah :

Baca juga : Waka BPIP: Santri Tulang Punggung Estafet Kepemimpinan Bangsa

Juara 1 Umroh atau Rp 35 juta

Juara 2 Rp 30 juta

Juara 3 Rp 25 juta

Harapan 1 Rp 20 juta

Baca juga : Peringati Hari Santri Nasional, SDG Jambi Gelar Doa Bersama Untuk Bangsa

Harapan 2 Rp 15 juta

Harapan 3 Rp 10 juta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense