BREAKING NEWS
 

Amien Deklarasi Partai Ummat

Zul Justru Girang Banget

Reporter & Editor :
APRIANTO
Minggu, 2 Mei 2021 07:10 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat mengunjungi kantor DPW PAN Jatim di Surabaya, Jumat (30/4/2021). (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)

 Sebelumnya 
Agung mengklaim, mayoritas inisiator Partai Ummat merupakan kader PAN. Bahkan, jumlahnya mencapai 66,7 persen dari 1.137 inisiator yang tersebar di seluruh daerah. Mereka hengkang dari PAN dan menjadi inisiator pembentukan Partai Ummat di daerah.

“Itu data valid migrasi inisiator partai ummat yang berasal dari berbagai partai. Dan terbesar adalah PAN,” katanya.

Untuk diketahui, sejumlah tokoh PAN mengikuti jejak Amien Rais pindah ke Partai Ummat. Di antaranya, mantan Ketua PAN Riau, Fauzi Kadir; mantan Sekretaris DPW PAN Sulawesi Selatan, Buhari Kahar Muzakkar; dan mantan Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Jawa Timur, Sugeng.

Baca juga : Amien Resmikan Partai Ummat, PAN Nggak Takut

Agung menambahkan, ketokohan Amien Rais akan membuat partai ini besar. Apalagi eks Ketua MPR itu masih memiliki basis dan magnet kuat di Muhammadiyah. Jadi, akan sulit bagi Zulhas untuk tetap mempertahankan suara Muhammadiyah untuk PAN.

“Sulit sekali. Sebab, ketokohan Amien di Muhammadiyah belum bisa tergantikan oleh ketua partai politik manapun,” katanya.

Lalu apa penilaian pengamat? Pengamat Politik yang juga Direktur Indo Strategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam menilai, kunjungan Zulhas me sejumlah kantor PAN di daerah dan Muhammadiyah menunjukkan kekhawatirannya atas deklarasi Partai Ummat.

Baca juga : Targetkan Dua Digit, Partai Ummat Terbuka Untuk Kalangan Non Muslim

Menurutnya, PAN dan Muhammadiyah memiliki hubungan erat. Selama ini basis tradisional PAN adalah sebagian besar warga Muhammadiyah. Karena itu, wajar bila Zulhas langsung menggelar silaturahim dengan Muhammadiyah.

Dia melihat, Zulhas tidak rela ceruk pemilih Muhammadiyah ke PAN berkurang dengan kehadiran Partai Ummat. “Makanya Zulhas melakukan pendekatan terus-menerus dengan warga Muhammadiyah,” ujar Arif.

Zulhas belum lama ini memang melakukan kunjungan Gedung Dakwah Muhammadiyah Jawa Timur. “Semoga semakin erat dan lekat antara PAN dan Muhammadiyah,” demikian dikutip dari keterangan foto yang diunggah di akun Instagram @zul.hasan. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense