Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Wacana Presiden Tiga Periode

Partai Ummat Pasang Badan Buat Amien Rais

Rabu, 17 Maret 2021 08:30 WIB
Amien Rais. (Foto: YouTube/AmienRaisOfficial)
Amien Rais. (Foto: YouTube/AmienRaisOfficial)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Ummat meyakini, wacana masa jabatan presiden tiga periode yang diungkapkan Amien Rais bukan bualan belaka. Partai berlogo Bintang Emas ini siap pasang badan membela sang inisiator partai.

“Pak Amien itu tentu mengamati berbagai fakta dan gejala politik yang ada di sekitar kita,” kata salah inisiator Partai Ummat, Agung Mozin saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Wacana Pergantian Nama Sumbar Jadi DI Minangkabau, DPR Ingatkan Kesejahteraan

Salah satu fakta yang paling menonjol adalah, soal kepercayaan publik terhadap Presiden Joko Widodo. Pada saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi tegas menolak nyapres, karena ingin fokus mengurus Jakarta hingga periode selesai. “Bahkan ketika ditanya wartawan, selalu bilang tidak mau nyopras nyapres. Nggak tertarik. Faktanya, maju sebagai capres,” katanya.

Belajar dari pengalaman tersebut, wajar kalau muncul kekhawatiran akan terulang dengan isu masa jabatan presiden tiga periode. Kemudian DPR, kata dia, sudah terkooptasi oleh kekuasaan. Kalau Senayan sudah dipegang, tidak sulit pemerintah mengubah amandemen UUD 1945.

Baca juga : Senayan: Gaji Pas-Pasan, Beli Mobil Belum Perlu

Belum lagi dengan adanya kisruh di Partai Demokrat, yang patut diduga melibatkan pejabat di lingkaran istana. “Nah, indikasi dan fakta politik yang terjadi inilah yang membuat Pak Amien berkesimpulan seperti itu,” bebernya.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian mengingatkan kepada Amien Rais agar berhati-hati mengungkapkan isu perubahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. “Pak Amien Rais harus hati-hati. Karena spekulasi tanpa dasar bisa disebut sebagai fitnah,” katanya.

Baca juga : Hasnaeni : Nasib Partai Demokrat Di Tangan Yasonna

Presiden Jokowi telah kembali menegaskan penolakan usulan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. “Apalagi yang harus saya sam­paikan? Bolak balik ya sikap saya tidak berubah,” katanya di Istana Merdeka, Senin (15/3/) lalu. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.