Dark/Light Mode

Mensos Evaluasi Data

Jumlah Penerima Bansos Menyusut

Kamis, 18 Maret 2021 07:37 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/3/2021). (Foto : Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden).
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/3/2021). (Foto : Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengaku te­lah melakukan evaluasi data penerima program bantuan so­sial (bansos) dari pemerintah.

Bansos terdiri dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Dari hasil evaluasi tersebut, ditetapkan jumlah penerima BPNT sebanyak 13.228.513 ke­luarga, PKH sebanyak 8.907.446 keluarga dan BST 8.428.327 keluarga.

Baca juga : Ma`ruf Berdoa Usai Disuntik

Jumlah tersebut lebih rendah dari target pemerintah, di mana BPNT ditargetkan diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat, PKH 10 juta keluarga penerima manfaat, dan BST 10 juta keluarga penerima manfaat.

Jumlah tersebut belum sesuai dan mencakup keseluruhan data karena beberapa daerah belum 100 persen memadankan data dengan data kependudukan.

“Ada yang harus kita jemput perbaikan datanya. Jadi, kami menurunkan staf bekerja sama dengan daerah, untuk memper­cepat di 514 kabupaten/kota,” ujar Risma dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/3/2021).

Baca juga : Kabar Gembira, Tapi Bikin Waswas

Menurut Risma, pemuktahiran data harus terus dilakukan meng­ingat masih banyak suku-suku terpencil di kawasan Sumatera, Kalimantan dan Papua, yang belum tersentuh.

Dia mengaku telah bekerja sama dengan Dirjen Dukcapil untuk mendata suku terpencil di kawasan-kawasan tersebut.

“Kami harus melakukan ini karena data yang kita keluar­kan betul,” tutur eks Wali Kota Surabaya ini.

Baca juga : Kisah Penderita Covid-19 Dapat Kejutan Pernikahan Di Wisma Atlet

Dia menyampaikan pihak daer­ah bisa melihat data penerima bansos di website Kemensos, kemudian memadankannya dengan data di daerah.

Selain itu, ada juga usulan-usulan dari daerah untuk meng­ganti keluarga penerima manfaat yang sudah meninggal dunia, dan sebagainya. Risma masih menunggu usulan-usulan dari daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.