BREAKING NEWS
 

Hasil Sementara Real Count KPU

Nasdem, PKB Dan Demokrat Berebut Posisi Empat Besar

Reporter : SUSILO YEKTI
Editor : ERWIN TAMSAL
Jumat, 10 Mei 2019 05:51 WIB
Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kiri). (Foto: Twitter @PKB.ID)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil real count KPU di Pileg 2019 terbaru telah diumumkan Kamis (9/5) pagi. Hasil sementara, PDIP masih di urutan teratas. Posisi kedua dan ketiga adalah Golkar dan Gerindra. Posisi keempat masih diperebutkan tiga partai. Yakni Nasdem, PKB dan Demokrat.

Data suara nasional masuk ke KPU hingga kemarin siang sebanyak 284.019 TPS dari 813.350 TPS. PDIP memimpin dengan 20,11 persen. Posisi kedua ditempati Golkar dengan 13,2 persen dan ketiga Gerindra dengan 11,78 persen suara.

Kedua partai ini memiliki selisih suara tipis, sebesar 1,42 persen. Yang menarik, tiga partai lain bersaing berebut posisi 4 besar. Yakni Partai Nasdem dengan 9,61 persen, PKB 8,61 persen dan Demokrat 8,09 persen.

Baca juga : Nasdem Klaim Sabet 5 Kursi DPRD Bandung

Partai lain yang diprediksi lolos parliamentary threshold (PT) 4 persen adalah PKS dengan 7,31 persen, PAN 7,05 persen dan PPP 4,19 persen. Dalam situs KPU, data ditampilkan merupakan data berdasarkan angka tercantum dalam salinan formulir C1 sebagai hasil penghitungan suara di TPS.

KPU juga menyatakan, data ditampilkan bukan merupakan hasil final, karena hasil akhir penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 akan ditetapkan secara manual melalui rapat rekapitulasi secara berjenjang di setiap tingkatan.

Jika terdapat kesalahan dalam pengisian C1 dapat diusulkan perbaikan pada rapat rekapitulasi di tingkat kecamatan. Rekapitulasi akhir KPU secara nasional rencananya akan keluar Rabu, 22 Mei 2019. KPU tetap akan menggunakan perhitungan manual berjenjang untuk memutuskan hasil Pemilu 2019.

Baca juga : Real Count KPU Makin Stabil, PDIP: Keinginan Rakyat Mengukuhkan Kepemimpinan Jokowi-Maruf

Beringin Pede Masuk 2 Besar Partai Golkar makin percaya diri dapat mempertahankan posisi dua besar di Pileg 2019. Keyakinan ini mengacu hasil sistem penghitungan suara sementara KPU.

Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily mengaku puas dengan hasil real count sementara KPU mengingat partainya diterpa banyak persoalan.

Adsense

“Alhamdulillah. Insya Allah Golkar bisa menjadi pemenang kedua pemilu. Hasil persisnya kita tunggu berdasarkan penghitungan KPU 22 Mei nanti,” kata Ace, di Jakarta, Kamis (9/5).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense