Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lima Provinsi Sudah Kelar Ngitung

Hari Ini, KPU Mulai Gelar Rekapitulasi Suara Nasional

Jumat, 10 Mei 2019 05:17 WIB
Proses rekapitulasi suara hasil pemilu tingkat Nasional dan luar negeri yang dilakukan KPU. (Foto: Twitter KPU RI).
Proses rekapitulasi suara hasil pemilu tingkat Nasional dan luar negeri yang dilakukan KPU. (Foto: Twitter KPU RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Proses rekapitulasi pemilu tingkat nasional akan dimulai Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini. Tercatat, sudah ada 5 provinsi yang sudah selesai melakukan rekapitulasi pada tingkatan kabupaten/kota.

“Akan kami mulai  Jumat (10/5) pukul 10.00 WIB,” ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (9/5).

Menurut Wahyu, pada rekapitulasi pemilu tingkat nasional akan dibacakan hasil perolehan suara pemilu untuk pileg DPR dan pilpres. Hasil perolehan suara ini berasal dari 34 provinsi.

Baca juga : Apresiasi Pelanggan IndiHome, Telkom Gelar Program Fantastic Deal

Hanya saja, lanjut Wahyu, pada Jumat (10/5) pembacaan hasil tersebut belum seluruhnya akan dilakukan untuk 34 provinsi.

“Besok akan kami lihat dahulu siapa yang sudah siap, berapa yang siap dan datang. Misalnya yang datang baru dua provinsi, maka tidak mungkin kami bacakan rekapitulasi dalam dua sidang panel. Pasti bisa dalam satu panel, “ lanjutnya.

Selain itu, kata Wahyu, teknis pembacaan hasil perolehan suara dalam rekapitulasi tingkat nasional tidak akan dipisahkan antara pileg DPR dan pilpres.

Baca juga : 60 Ribu Ton Bawang Putih China Sudah Masuk, Harga di Pasar Pasti Turun

Hasil dua pemilu tersebut akan dibacakan secara langsung untuk setiap provinsi. “Iya digabung. Jadi misalnya hasil pemilu di Provinsi Bali, ya langsung dua itu (pileg dan pilpres) dibacakan (sekaligus). Jadi, bukan satu di sini satu di sana,” tambah Wahyu.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi di lima daerah.

Kelima daerah tersebut adalah Gorontalo, Bangka Belitung (Babel), Kalimantan Utara (Kaltara), Bali dan Kalimantan Tengah (Kalteng).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.