Dark/Light Mode

Soal Pemindahan Ibukota Negara

Semua Pemimpin Di Kalimantan Diminta Bersinergi

Jumat, 2 Agustus 2019 00:38 WIB
A Teras Narang. (Foto: Ist)
A Teras Narang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Wacana pemindahan Ibukota ke Kalimantan harus bermanfaat besar bagi seluruh rakyat. Khususnya untuk masyarakat Kalimantan.

Hal ini diingatkan mantan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) 2005-2015, A Teras Narang. Melihat dinamika yang ada, termasuk kontestasi mengajukan wilayah sebagai calon Ibukota, dia berharap, para pemimpin kota, kabupaten dan provinsi di Kalimantan, bersinergi. Tidak saling melemahkan peluang daerah lain untuk terpilih. 

Baca juga : Kemenpora Minta Pemuda Manfaatkan Dunia Digital Secara Positif

“Presiden sudah memberikan kesempatan pada Kalimantan. Untuk membentuk sejarah baru Republik ini di masa depan. Saatnya, para pemimpin melihat kesempatan ini sebagai momen kenegaraan. Yang mesti memberi lebih banyak manfaat bagi rakyat, ketimbang spekulan,” tegas mantan anggota DPR ini.
 
Bahkan, menurutnya, akan lebih elok bila para pemimpin kabupaten dan kota atau setidaknya pemimpin provinsi di Kalimantan segera menggelar musyawarah bersama. Demi menyiapkan diri dan gagasan. Bila akhirnya Kalimantan menjadi Ibukota baru Pemerintahan RI. 

“Di mana pun akhirnya Presiden memutuskan Agustus nanti, baik provinsi terpilih, semua elemen masyarakat, terlebih pemimpin di Kalimantan, hendaknya bersinergi. Saling mendukung dan memastikan, Pulau Kalimantan yang elok bentang alamnya, menjadi daerah yang maju. Serta terjaga kepentingan ekologisnya. Demi generasi masa depan kita,” jelasnya. 

Baca juga : Ibukota Positif Pindah ke Kalimantan, Lokasi Persisnya Diumumkan Agustus

Masyarakat Kalimantan, ingat Teras, sudah diberi kesempatan. Saatnya, masyarakat menunjukkan Kalimantan bersatu. Menyambut rencana pemindahan Ibukota Itu semata-mata demi kepentingan besar seluruh Indonesia. Tentu juga demi masyarakat Kalimantan pada akhirnya.
 
“Saya akan selalu berdoa dan mendukung agar cita-cita tersebut dapat terwujud,” tutupnya. 

Setelah selesai menjabat Gubernur Kalimantan Tengah selama dua periode, Teras kini terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Kalteng. Dengan perolehan suara terbanyak. 

Baca juga : Haluan Negara Penting Agar Pembangunan Terarah dan Berkesinambungan

Menurut Ketua Umum Sekretariat Nasional Jaringan Intelektual Muda Kalimantan, MS Shiddiq, sejumlah to¬koh masyarakat termasuk tokoh Dayak dan tokoh-tokoh muda Kalimantan, Teras diusulkan kepada Presiden. Untuk dipertimbangkan sebagai calon menteri di periode kedua Pemerintahan Jokowi. Sebagai representasi tokoh Kalimantan. Sesuai pengala¬man yang dia miliki. [JON]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.