Dark/Light Mode

Hari Ini, Holding BUMN Jasa Survei Resmi Beroperasi

Jumat, 17 Desember 2021 22:28 WIB
Wakil Menteri BUMN I, Pahala N. Mansury.
Wakil Menteri BUMN I, Pahala N. Mansury.

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Jasa Survei resmi beroperasi bersama setelah dilakukan soft launching dengan penyerahan Akta Inbreng dari Sucofindo dan Surveyor Indonesia kepada PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI. Serta, dokumen perubahan anggaran dasar ketiga BUMN tersebut.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala N. Mansury mengatakan, pembentukan Holding BUMN Jasa Survei, yaitu ID Survey ini bertujuan untuk menjadi perusahaan jasa survei berkelas dunia.

Dengan beroperasi bersama, menurutnya, pemerintah berharap holding ini akan semakin optimal melalui keunggulan kompetensi, teknologi dan aset-aset yang dimiliki. Selain itu, holding ini mampu menciptakan nilai tambah, efisiensi, penguatan rantai pasokan, hingga inovasi bisnis model.

Agar kian kompetitif dan mampu bersaing tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga memberikan pelayanan jasa survei di pasar global.

Baca juga : Hari Ibu, McDonald’s Apresiasi Ibu Melalui Program Ibuku Inspirasiku

"Hari ini, mulai beroperasi. Dengan menggabungkan kekuatan ketiga BUMN ini, diharapkan Holding Jasa Survei akan menjadi perusahaan berkelas dunia,” ujarnya dalam acara soft launching Holding BUMN Jasa Survei, di Bandung, Jumat (17/12).

Direktur Utama BKI, Rudianto menjelaskan, dengan penyerahan Akta Inbreng ini menjadi titik awal beroperasinya ketiga BUMN ini.

Salah satunya, ditandai dengan memanfaatkan aset bersama seperti laboratorium, integrasi infrastruktur, peralatan. Lalu, sumber daya manusia (SDM) dan aset lainnya untuk meningkatkan layanan jasa pengujian, inspeksi, sertifikasi klasifikasi dan statutori.

"Kami juga akan fokus mengembangkan jasa baru dan perluasan pasar, baik di dalam negeri maupun internasional,” ujar Rudianto.

Baca juga : Hari Ini, SIM Keliling Polda Metro Hadir Di 5 Tempat

Hal ini diamini Direktur Utama Sucofindo, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, bahwa ID Survey akan memiliki kurang lebih 327 laboratorium teknik, kalibarasi, batubara, mineral, lingkungan, kimia umum, dan migas (minyak dan gas).

Terlebih, Kementerian BUMN juga memberikan penugasan berdasarkan kompetensi. Di mana, Sucofindo sebagai pemimpin untuk jasa Testing, Inspection and Certification (TIC) di sektor pertambangan.

Surveyor Indonesia akan mendukung pemerintah dalam Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Melalui penerapan capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk menjadi lokomotif pertumbuhan industri dan ekonomi Nasional.

Direktur Utama Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono mengaku, siap mendukung pemerintah dalam meningkatkan TKDN agar tak kalah dengan produk impor.

Baca juga : SIM Keliling, Hari Ini Polda Metro Gelar Di 5 Lokasi

“Kami siap mendukung produk lokal agar semakin berdaya saing melalui implementasi TKDN. Sehingga, mampu meningkatkan perekonomian nasional," ujar Haris. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.