Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Reuni Hari Ini

"Wiro Sableng" Sulit Cari Tempat

Kamis, 2 Desember 2021 07:20 WIB
Ilustrasi aksi 212 di kawasan Bundaran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, (2/12/2016) lalu. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)
Ilustrasi aksi 212 di kawasan Bundaran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, (2/12/2016) lalu. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sampai kemarin sore, Persaudaraan Alumni 212 masih belum menemukan lokasi reuni. Berbagai tempat yang dipilih kelompok yang sering dianalogikan "wiro sableng" itu, menuai kendala. Memilih Masjid Az Zikra, Sentul, pihak yayasan menolak. Memilih Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta, tidak dapat izin dari Polda.

Rencananya, Alumni 212 ini akan menggelar reuni hari ini, bertepatan dengan lima tahun gerakan mereka saat menggelar aksi besar di Monas. Awalnya, mereka ingin menggelar reuni di Monas, tapi tidak mendapatkan lampu hijau dari Pemprov DKI. Kemudian mengubah rencana dan pindah ke Masjid Az Zikra. Paginya, sebelum reuni, mereka akan melakukan aksi di sekitar Patung Kuda.

Namun, rencana tinggal rencana. Kini, mereka tidak punya tempat untuk melakukan reuni. Yayasan Majelis Az Zikra menolak masjid mereka dijadikan tempat reuni 212. Alasannya, karena masih berduka atas meninggalnya Muhammad Ameer Adz Dzikro, putra almarhum Arifin Ilham, Senin (29/11) lalu.

Baca juga : Mau Sambangi Parpol Di Senayan, SJI Ajak Gelar Konvensi Capres

Penolakan tersebut disampaikan istri Arifin Ilham, Ummi Yuni Al Waly, melalui surat dengan nomor 112/YAZ/SK/XII/2021 yang ditandatangani Ketua Yayasan Az Zikra, Khotib Kholil. "Untuk sementara waktu, Majelis Az Zikra tidak menerima kegiatan apa pun," kata Khotib Kholil, dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, kemarin.

Menurut Khotib, keputusan tersebut berdasarkan hasil musyawarah bersama antara Dewan Syariah, Dewan Pembina, dan Dewan Pengawas Yayasan Az Zikra. "Atas hal itu, maka diputuskan untuk sementara waktu, Majelis Az Zikra tidak menerima kegiatan apapun yang diadakan oleh pihak eksternal," tutupnya.

Rencana aksi di Patung Kuda juga terancam batal. Satgas Penanganan Covid-19 dan Polda Metro Jaya tak memberikan izin aksi itu. Pertimbangannya, karena kondisi pandemi. Apalagi saat ini muncul varian Omicron.

Baca juga : Spesifikasi Dan Harga HP Ini Cocok Untuk Content Creator

Untuk mengantisipasi simpatisan 212 yang ngeyel, mulai tadi malam, Polisi menutup sejumlah ruas jalan di kawasan Monas dan Patung Kuda. Penutupan akan berlangsung hingga sekitar pukul 21.00 WIB malam ini. Para pengendara yang hendak melintasi kawasan tersebut diimbau mencari jalur alternatif.

Polisi juga melakukan penyekatan di tujuh titik menuju kawasan Monas dan Patung Kuda. Pertama, Jalan Veteran Raya menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup. Kedua, Jalan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup. Ketiga, Jalan Medan Merdeka Selatan ke arah Monas ditutup. Keempat, Jalan MH Thamrin mengarah Jalan Medan Merdeka Barat ditutup di Patung Kuda Arjuna. Kelima, Jalan Budi Kemuliaan mengarah Patung Kuda Arjuna Wiwaha ditutup. Keenam, Jalan Abdul Muis menuju Jalan Medan Merdeka Barat ditutup. Ketujuh, Jalan Majapahit ditutup.

Meski begitu, kelompok 212 belum nyerah. Pengarah Reuni 212, Slamet Ma'arif menyatakan, pihaknya berupaya mencari tempat alternatif lain agar reuni 212 tetap terlaksana. "Panitia sedang mencari (alternatif lain)," ucapnya, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.