Dark/Light Mode

Selama 2021, Jumlah Penumpang Di 15 Bandara AP I Turun 11 Persen

Rabu, 5 Januari 2022 13:33 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Jumlah pergerakan pesawat naik dari 34.479 pada November menjadi 36.682 pada Desember 2021. Sementara, angkutan pada bulan itu tumbuh 8 persen dari 39 ribu ton menjadi 42,6 ribu ton.

"Peningkatan jumlah penumpang di bandara-bandara yang kami kelola di bulan Desember ini menunjukkan telah mulai pulihnya kepercayaan diri masyarakat untuk mulai bepergian dengan transportasi udara seiring dengan semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Tanah Air," tutur Faik.

Baca juga : Kemenhub Catat Pergerakan Penumpang Di Semua Moda Turun Pasca Libur Nataru

Dari total kinerja selama Desember, lanjut Faik, angkutan periode Natal dan Tahun Baru yang dimulai sejak 17 Desember menyumbang trafik sebanyak 1,9 juta penumpang. Angka ini juga naik ketimbang periode yang sama sebesar 8 persen.

Sayangnya, angka peningkatan penumpang tidak diikuti oleh trafik pesawat selama libur akhir tahun. Jumlah trafik pesawat turun 14 persen atau menjadi 19.843 pergerakan lantaran adanya larangan penambahan penerbangan atau extra flight.

Baca juga : 2021, Indeks Pembangunan Manusia Naik 0,49 Persen

Rata-rata maskapai penerbangan pun mengoperasikan pesawat berbadan lebar atau widebody untuk angkutan Natal dan Tahun Baru. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.