Dark/Light Mode

Jelang Akhir 2021, Vaksinasi Dekati Angka 70 Persen

Jumat, 10 Desember 2021 20:58 WIB
Jubir Pemerintah untuk Covid-19 Reisa Broto Asmoro (Foto: Setpres)
Jubir Pemerintah untuk Covid-19 Reisa Broto Asmoro (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang akhir tahun, jumlah masyarakat yang sudah divaksin Covid-19 semakin mendekati target untuk mencapai herd immunity alias kekebalan komunal. Jubir Pemerintah untuk Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan, hampir 70 persen sasaran telah mendapatkan setidaknya suntikan dosis pertama.

Reisa menyebutkan, sejak vaksin Covid-19 pertama tiba di Tanah Air pada 6 Desember 2020, Indonesia telah menerima lebih dari 400 juta dosis, baik dalam bentuk jadi siap suntik maupun bahan baku. Angka tersebut dicapai dengan berbagai upaya Pemerintah, antara lain pembelian langsung, hibah dari negara sahabat, atau melalui kerja sama internasional seperti COVAX Facility.

Baca juga : Tebar Diskon Di GATF 2021, Garuda Pede Dongkrak Jumlah Penumpang

Hingga 7 Desember 2021, terang Reisa, sudah lebih dari 100 juta warga Indonesia telah mendapatkan dosis lengkap. Sedangkan yang telah menerima suntikan dosis pertama total hampir 145 juta orang. Dengan kata lain, hampir 70 persen dari sasaran sudah menerima minimal satu kali suntikan vaksin Covid-19.

“Berarti masih ada sekitar 45 juta warga yang sedang menunggu dosis keduanya,” terang Reisa, dalam konferensi pers yang ditayangkan Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9)-KPCPEN, Jumat (10/12).

Baca juga : Peringati Hakordia 2021, KLHK Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan

Guna menjamin stok, sejak setahun ini, program vaksinasi Indonesia telah menyediakan 7 jenis vaksin, yaitu Sinovac, Vaksin Covid-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Janssen. Sedangkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk 11 jenis vaksin Covid-19 yakni Sinovac, Vaksin Covid-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, Sputnik V, Zifivax, Janssen, Convidecia, dan Covovax.

Berkat upaya seluruh pihak, berdasarkan Our World in Data, pada awal Desember 2021 ini, Indonesia menduduki peringkat ke-5 negara dengan jumlah terbanyak vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Di atasnya ada China, India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Baca juga : Jelang SEA Games 2022, NOC Indonesia Siapkan Atlet Dan Kekuatan Cabor

Reisa juga menyampaikan apresiasi kepada semua pejuang dan aktor vaksinasi yang berjasa sebagai pahlawan yang membantu mengakhiri pandemi. “Kemenkes sendiri telah menargetkan vaksinasi lengkap untuk 208,2 juta warga akan dicapai di Maret atau April tahun depan,” ujarnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.