Dark/Light Mode

Pertamina EP Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Samarinda

Jumat, 14 Juni 2019 10:52 WIB
PT Pertamina EP (PEP) melalui Asset 5 Sangatta Field menyalurkan donasi bagi para korban banjir. (Foto: Humas Pertamina).
PT Pertamina EP (PEP) melalui Asset 5 Sangatta Field menyalurkan donasi bagi para korban banjir. (Foto: Humas Pertamina).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung pencapaian target produksi yang telah ditetapkan. Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP juga melaksanakan berbagai kegiatan yang memberikan nilai tambah untuk pemangku kepentingan.

Menyikapi musibah banjir di Samarinda tempo hari, PT Pertamina EP (PEP) melalui Asset 5 Sangatta Field. menyalurkan donasi bagi para korban banjir. Banjir setinggi dua meter melanda ibu kota Kalimantan Timur ini sejak beberapa hari yang lalu.

Baca juga : Mentan Kawal Distribusi Bantuan Korban Banjir di Sultra

Dikoordinir oleh SKK Migas, PEP dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Lainnya menyerahkan bantuan kepada Posko Induk Bentukan Pemkot Samarinda di Kelurahan Temindung, Rabu (12/6). Donasi yang diserahkan dalam bentuk sembako dan barang kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Pada kesempatan tersebut, PEP Asset 5 Sangatta Field juga menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Samarinda. Donasi diserahkan dalam bentuk sembako dan tabung LPG untuk keperluan memasak. Bantuan tersebut merupakan tahap pertama yang diserahkan kepada posko bantuan dapur umum bencana banjir, bertempat di Perumahan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda.

Baca juga : Pertamina Ikutkan Ratusan Putra-Putri Terbaik Bojonegoro Tes Beasiswa PEPC

Donasi tahap kedua dan ketiga rencananya akan disalurkan kepada warga Kelurahan Sempaja Tengah dan Kelurahan Sempaja Selatan. Total nilai bantuan yang diberikan oleh PEP sebesar Rp 50 juta. 
Asset 5 General Manager Irwan Zuhri menyampaikan bahwa titik awal terjadinya bencana merupakan titik kritis di mana para pengungsi paling membutuhkan bantuan.

“Aksi ini merupakan fast response KKKS dan SKK Migas dalam menanggapi bencana banjir. Donasi ini diharapkan dapat meringankan beban korban banjir Samarinda,” ungkapnya. Aksi kemanusiaan ini bukan kali pertama dilakukan Pertamina EP (PEP). Sebelumnya, PEP turut berpartisipasi dalam memberi bantuan kepada korban bencana alam di Palu dan Donggala, bersama-sama dengan SKK Migas dan KKKS lainnya.

Baca juga : Mensos Serahkan Bantuan Lebih Dari Rp 3,727 M Untuk Korban Banjir Konut dan Konflik Buton

PEP merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang mengusahakan kebutuhan energi minyak dan gas bumi (migas). Wilayah kerja PEP di Kalimantan berada di bawah pengawasan PEP Asset 5. PEP Asset 5 mengelola lima lapangan migas, di antaranya Sangatta dan Sangasanga (Kalimantan Timur), Tarakan dan Bunyu (Kalimantan Utara), serta Tanjung (Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah).

Berdasarkan data Mei 2019, produksi minyak mentah PEP Asset 5 berada di angka 17.763 barrel oil per day (BOPD). Sedangkan produksi gas bumi berkisar di angka 14,50 million standard cubic feet per day (MMSCFD). [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.