Dark/Light Mode

Berdayakan Lansia Tanjung Palas, Pertamina RU II Dumai Luncurkan Program Pelatihan Olahan Aneka Buah

Selasa, 2 Juli 2019 19:43 WIB
Foto: Humas Pertamina RU II Dumai
Foto: Humas Pertamina RU II Dumai

 Sebelumnya 
"Sebelumnya, program serupa sudah berhasil dilakukan oleh Kelompok Binaan kami di Sei Pakning, dan telah menghasilkan keuntungan yang cukup bagi anggota kelompok dan keuntungan lainnya. Kelompok ini juga telah beberapa kali mengikuti pameran nasional, untuk memperkenalkan produknya," tambah Muslim.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Tani Karya Bersama Abdul Ghani mengatakan, pihaknya sangat mensyukuri bantuan yang diberikan oleh Pertamina. Sebab, program ini dapat mengoptimalkan waktu yang dimiliki para warga lansia untuk berkarya, sekaligus menciptakan ciri khas untuk Kota Dumai, serta mengumpulkan orang-orang yang memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan perekonomian bagi keluarga.

Baca juga : Pertamina MOR VII Adakan Donor Darah

“Kami berusaha untuk selalu meningkatkan semangat dalam produksi dan terus mencoba memberikan yang terbaik untuk anak, istri, dan keluarga. Terima kasih Pertamina. Tanpa bantuan Pertamina, kami mungkin belum bisa mewujudkan impian kami ini," ungkap Ghani.

Sementara itu, Lurah Tanjung Palas Anggi Sukma Buana hang juga hadir dalam acara ini, tak hanya mengapresi Pertamina. Tetapi juga Kelompok Tani Karya Bersama, yang tetap semangat dalam usia lanjut.

Baca juga : Mudahkan Pelanggan Beli dan Ganti Oli, Pertamina Lubricants dan Grab Bersinergi

Kiprah kelompok ini tentunya dapat menjadi kebanggan warga Tanjung Palas, sekaligus menjadi inspirasi bagi warga lainnya. “Saya mewakili masyarakat Tanjung Palas, sangat berterima kasih kepada Pertamina, yang bersedia membina masyarakat kami di segala bidang. Saya berharap, pengelolaan buah ini dapat terus berjalan. Semoga, kelompok dapat menjaga komitmen dalam menjalankan program," tuturnya..

Muslim kembali menjelaskan, pada kesempatan awal ini Kelompok Tani Karya Bersama akan bersama-sama Pertamina dalam mengembangkan olahan buah nanas menjadi makanan ringan. Selain telah berhasil dikembangkan di wilayah Sungai Pekning, buah nanas dipilih karena Kelompok Tani Karya Bersama telah melakukan cocok tanam buah nanas sejak bertahun yang lalu di atas lahan seluas dua hektar.

Baca juga : PT Pertamina Gas Kal Berikan Bantuan Pada Kelompok Tani Rahmat Bersama

Dengan adanya Pelatihan Pengolahan Aneka Buah ini, Pertamina berharap bisa memprioritaskan kelompok-kelompok rentan yang ada di Tanjung Palas seperti kelompok lansia, kelompok pemuda pengangguran, kelompok perempuan, dan kelompok-kelompok lainnya yang memerlukan perhatian dan bimbingan, demi peningkatan ekonomi di daerah Tanjung Palas.

"Kami tidak akan berhenti di sini. Apabila kelompok menunjukkan komitmen dan hasil yang baik, ke depannya akan terus kami dampingi dalam peningkatan kapasitas dalam pemasaran. Kami juga akan membantu melengkapi aspek administrasi berupa sertifikasi halal, uji lab kandungan gizi, izin PIRT dan BPOM. Insya Allah, program jenis ini akan dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat," pungkas Muslim. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.