Dark/Light Mode

KAI Access Makin Diminati Saat Angkutan Lebaran

Selasa, 24 Mei 2022 13:59 WIB
Aplikasi KAI Access .mendukung program Pemerintah di tengah pandemi Covid-19. (foto:KAI)
Aplikasi KAI Access .mendukung program Pemerintah di tengah pandemi Covid-19. (foto:KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, para pelanggan sangat antusias melakukan transaksi menggunakan aplikasi KAI Access

KAI mencatat transaksi pembelian tiket KA Jarak Jauh dan Lokal yang berangkat pada masa angkutan Lebaran, pada 22 April sampai 13 Mei 2022 didominasi melalui KAI Access. 

Rinciannya, 48,9% atau 855.322 transaksi melalui KAI Access; 37,9% atau 662.191 transaksi melalui channel eksternal 9,4% atau 164.268 transaksi melalui loket 3,5% atau 60.926 transaksi melalui website KAI 0,1% atau 2.391 transaksi melalui Contact Center KAI dan 0,1% atau 1.216 transaksi melalui vending machine.

Baca juga : Anies-Puan Bikin Geger

“KAI mengucapkan terima kasih atas antusiasme masyarakat untuk melakukan pembelian tiket di masa angkutan Lebaran 2022 menggunakan aplikasi andalan KAI yaitu KAI Access. Melalui aplikasi KAI Access pula, KAI mendukung program Pemerintah mengurangi penjualan secara fisik di tengah pandemi dan pembayaran secara nontunai,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Selasa (24/5).

Sedangkan masyarakat yang belum memiliki aplikasi KAI Access dapat mengunduhnya di Google Play maupun App Store. Keunggulan KAI Access adalah tak hanya dapat melayani pemesanan tiket kereta api, namun juga terdapat layanan first mile dan last mile, perubahan jadwal dan pembatalan tiket, pemesanan dan informasi dari layanan KAI Group, dan lainnya.

Berbagai keunggulan KAI Access di atas mampu menarik minat masyarakat lebih banyak untuk menginstal aplikasi andalan KAI tersebut, khususnya menyambut momen angkutan Lebaran 2022. 

Baca juga : Piala AFC, Serdadu Tridatu Sudah Intip Kekuatan Lawan

Tercatat pada 20 Mei 2022, pengguna KAI Access sebanyak 7.524.765 pengguna, naik 14,6% dibanding bulan Februari 2022 yaitu sebanyak 6.564.940 pengguna.

KAI Access memiliki KAIPay yang merupakan dompet digital untuk pembayaran berbagai transaksi di KAI Access. Tak hanya dapat digunakan untuk membayar tiket kereta api, KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile, dan berbagai produk dan jasa yang tersedia di aplikasi KAI Access. Di mana sebanyak 25.529 transaksi pembelian KA Jarak Jauh dilakukan melalui KAIPay.

Pada periode angkutan Lebaran, jumlah transaksi pengguna layanan first mile dan last mile di KAI Access juga cukup banyak hampir 1.000 transaksi. Transaksi menggunakan taksi Bluebird terdapat sebanyak 931 transaksi serta Bus DAMRI sebanyak 44 transaksi. 

Baca juga : Kapolres Malang Sam Ferli Dinobatkan Sebagai Warga Kehormatan Aremania

Integrasi antarmoda pada aplikasi KAI Access ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui kemudahan memesan tiket taksi Bluebird dan Bus DAMRI pada satu aplikasi.
 
Untuk mengajak masyarakat naik kereta api pada masa mudik lebaran 2022, KAI juga menggelar KAI Access Ramadan Festive 2022, dimana masyarakat dapat membeli lebih dari 6.000 tiket kereta api dengan dengan potongan harga khusus. Total tiket yang terjual pada program tersebut, yaitu sebanyak 6.815 tiket yang terjual untuk masyarakat keberangkatan masa angkutan Lebaran.

Fitur unggulan lainnya dari KAI Access yaitu pelanggan dapat melakukan proses perubahan jadwal dan pembatalan tiket secara online. 

Pelanggan yang melakukan perubahan jadwal melalui KAI Access pada masa angkutan lebaran yaitu sebanyak 69.779 pelanggan atau 69,7% dari total pelanggan yang melakukan perubahan jadwal yaitu 100.100 pelanggan. Adapun pelanggan yang melakukan pembatalan tiket melalui KAI Access pada periode tersebut yaitu sebanyak 106.215 pelanggan atau 61,7% dari total pelanggan yang melakukan pembatalan yaitu 172.110 pelanggan.
 
Selain itu, KAI akan terus memperkaya aplikasi KAI Access dengan berbagai fitur yang berguna bagi pelanggan sebagai bagian dari transformasi digital KAI. Melalui layanan yang serba digital, maka pelanggan pun semakin mudah dan praktis dalam menggunakan berbagai layanan KAI. “Kami harap KAI Access terus diminati oleh masyarakat terutama kaum milenial dalam menggunakan layanan kereta api,” tutup Joni.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.