Dark/Light Mode

CIMB Niaga Siapkan 4.432 ATM Tarik Tunai Tanpa Kartu Untuk Nasabah KB Bukopin

Rabu, 6 Juli 2022 13:50 WIB
Ceremony transaksi penarikan uang tunai secara langsung di ATM CIMB Niaga, Griya CIMB Niaga Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (6/7). (Foto: Ahmad Ali Futhuhin/RM)
Ceremony transaksi penarikan uang tunai secara langsung di ATM CIMB Niaga, Griya CIMB Niaga Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (6/7). (Foto: Ahmad Ali Futhuhin/RM)

 Sebelumnya 
KB Bukopin merupakan bank pertama yang siap memanfaatkan layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk nasabahnya di ATM CIMB Niaga. Implementasi Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk transaksi off us (beda bank) ini sejalan dengan tren gaya hidup masyarakat di era digital yang gemar bertransaksi secara nontunai (cashless) dan tanpa kartu (cardless).

“Selain mudah, layanan tersebut juga merupakan wujud dukungan nyata industri perbankan dan sistem pembayaran terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satunya dengan mengurangi penggunaan kartu ATM/debit berbahan plastik,” tutur Christian.

Executive Vice President-Digital Division Head Bank KB Bukopin Charles Budiman menjelaskan, kerja sama dengan CIMB Niaga merupakan peluang besar bagi pihaknya. Sebab, strategi perusahaan ke depan adalah, bagaimana fokus untuk layanan digital.

Baca juga : Erick: Jangan Malu-malu Untuk Bangkit

“Kami sengaja tidak mengembangkan ATM, kami fokus di cashless payment-nya. Karena ke depan memang fokus ke digital. Sementara ATM CIMB Niaga sendiri memiliki layanan dan ekosistem yang baik bagi nasabah,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, kerja sama antara KB Bukopin dengan CIMB Niaga sebagai upaya memberikan layanan perbankan cepat, praktis, dan aman bagi seluruh nasabah.

Implementasi cardless withdrawal ini bertujuan menyediakan kemudahan transaksi digital seiring dengan teknologi yang berkembang pesat saat ini.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Layanan Safari Wukuf Untuk Jemaah Haji Yang Sakit

Sementara itu, Direktur Utama Artajasa M Ma’ruf mengatakan, pandemi Covid-19 memang mendorong penggunaan transaksi lewat tarik tunai tanpa kartu. Bahkan kenaikan terjadi sekitar 2-5 persen.

“Penggunaan layanan cardless withdrawal saat ini semakin luas dan dapat diterima oleh masyarakat. Implementasi cardless withdrawal beda bank merupakan solusi bagi nasabah perbankan dalam menjawab kebutuhan transaksi perbankan secara mudah, cepat dan aman,” ucap Ma’ruf.

Artajasa sebagai perusahaan pioner switching di Indonesia, sambungnya, turut memfasilitasi CIMB Niaga menjadi first mover Bank Acquirer dan Bank KB Bukopin menjadi first mover Bank Issuer untuk layanan cardless withdrawal beda bank, sehingga layanan ini bisa bermanfaat bagi industri perbankan.

Baca juga : China Siap Kirim Bantuan Tangani Covid Untuk Korut

“Kami senantiasa mendukung bank-bank untuk mengimplementasikan layanan cardless withdrawal beda bank, sehingga turut mendorong interoperabilitas dalam digitalisasi sistem pembayaran dan meningkatkan jumlah transaksi elektronik di Indonesia,” ujar Ma’ruf.

Ia menegaskan, kerja sama tersebut juga menjadi salah satu wujud nyata Artajasa dalam mendukung program Bank Indonesia dalam percepatan digitalisasi sistem pembayaran Indonesia dengan menciptakan ekosistem 3i (integrated, interoperable, interconnected). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.