Dark/Light Mode

Segway Luncurkan Skuter Listrik Canggih dengan Featur AI di GIIAS 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 13:29 WIB
Peluncuran motor listrik Segway di GIIAS 2022. (Foto: Dok. Segway)
Peluncuran motor listrik Segway di GIIAS 2022. (Foto: Dok. Segway)

RM.id  Rakyat Merdeka - Segway, yang sejak 2000 dikenal sebagai produsen produk self-balancing scooter roda satu dan roda dua, melalui Segway Motor Indonesia (SMI), resmi meluncurkan skuter listrik pintar, di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. CEO Segway Motor Indonesia Yedi Sondi mengatakan, GIIAS 2022 menjadi momentum penting Segway dalam peluncuran produk skuter listrik pintar, yang akan masuk di pasar skuter skuter listrik Indonesia yang sedang berkembang.

Yedi menerangkan, skuter listrik pintar Segway sudah teruji ketangguhannya untuk motor listrik dan dengan desain berkelas serta keunggulannya dalam Artificial Inteligence (AI). Ia meyakini, hal ini akan menjadi keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya, dalam memasarkan motor listrik Segway di Indonesia.

Keunggulan-keunggulan Skuter Listrik Pintar Segway ini terbukti dengan kekaguman rombongan produsen motor ternama di Indonesia, yang mengunjungi booth Segway di GIIAS, Minggu (15/8). Mereka tidak menyangka dengan kecanggihan feature-feature yang ditanam di dalam skter listrik pintar Segway.

Baca juga : Mitsubishi Bidik Kantongi 3.000 SPK Di GIIAS 2022

Segway sendiri sejak 2000 hingga kini dikenal sebagai produsen terkemuka produk self-balancing scooter Segway yang telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Dari hiburan, alat transportasi, hingga pekerjaan lapangan temasuk militer.

Yedi optimistis, empat tipe motor listrik Segway yang dipasarkan akan mendapat sambutan hangat dari pecinta motor listrik di Indonesia. Keyakinan didasarkan beberapa pertimbangan. Antara lain, masih rendahnya populasi motor listrik di Indonesia, belum adanya merk motor listrik yang dominan, dan terbatasnya motor listrik yang tangguh dan berteknologi tinggi dengan tampilan berkelas.

Ketangguhan motor listrik Segway yang sudah terkenal dengan desain yang stylish dan elegan, yang menjadi ciri khas Segway, merupakan daya tarik pecinta motor untuk beralih ke motor listrik Segway. “Harga BBM yang semakin mahal juga akan mendorong konsumen motor lebih rasional dalam memilih motor listrik sebagai pilihan yang lebih menguntungkan ketimbang motor konvensional” ucap Yedi, yang telah cukup lama memiliki pengalaman di industri otomotif.

Baca juga : Toyota Hadirkan Komplit Teknologi Mobil Listrik Di GIIAS 2022

Segway Motors Indonesia meluncurkan empat skuter listrik pintarnya, yaitu tipe N90C (harga Rp 27 juta, kecepatan 52 kilometer per jam, jarak tempuh 76-94 kilometer), N100 (Rp 34 juta, 60 kilometer per jam, jarak tempuh sampai 94 kilometer), E110L (Rp 40 juta, 62 kilometer per jam, 70-110 kilometer) dan E200P (Rp 85 juta, 100 kilometer per jam, 60-200 kilometer). Seluruh tipe skuter listrik pintar Segway tersebut mampu mengangkut beban 150 kilogram dan kapasitas bagasi yang luas yaitu 22-27 liter.

Seluruh tipe menggunakan baterai lithium, kecuali tipe terendah N90C yang menggunakan baterai kering. Khusus untuk tipe N90C, disediakan fasilitas opsi batteray swap oleh Oyika, yang pengguna tidak lagi dipusingkan dengan tenaga listrik yang habis dan waktu pengisian baterai, karena melalui jaringan Oyika pengguna bisa mengganti baterai yang habis diberbagai outlet yang disediakan Oyika. Selain itu, SMI juga bekerja sama dengan EVCuzz untuk menyediakan titik pengisian batere di lokasi-lokasi terdekat dan umum yang memudahkan pelanggan dalam mengakses pengisian batere.

Keunggulan tipe N100, E110L, dan E200P dibanding motor listrik lainnya, pengguna tidak perlu khawatir dengan banjir karena baterai sudah kategori IPX7 dan body skuter sudah IPX5. Hanya khusus tipe N90C yang baterai masih kategori IPX5, yang hanya waterproof namun tidak untuk terendam air. Dengan torsi yang tinggi yaitu 98Nm sampai dengan 305Nm, skuter listrik pintar Segway memiliki torsi yang setara dengan motor 400 CC.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.