Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakyat Merdeka Award 2022

Faik Fahmi, Tokoh Pengembangan Inovasi dan Teknologi Bandara

Rabu, 28 September 2022 23:02 WIB
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi. (Dok. Angkasa Pura I)
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai Tokoh Pengembangan Inovasi dan Teknologi Bandara. Acara digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam (28/9).

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Selama pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun, Faik Fahmi dinilai sukses melakukan pembangunan dan pengembangan bandara baru di kawasan Indonesia Timur, dengan menerapkan teknologi canggih.

Sejumlah bandara yang dikelola Angkasa Pura I dipercantik dengan memperhatikan unsur kearifan lokal. Budaya lokal ini direpresentasikan melalui berbagai karya seni yang terpampang di beberapa titik di area terminal dan sisi darat.

Beberapa bandara juga dikembangkan kapasitasnya karena sudah berkategori lack of capacity. Pengembangan bandara ini dipastikan mampu menampung penumpang dengan jumlah yang banyak.

Baca juga : Prof. Tjandra Yoga Aditama, Tokoh Edukasi dan Literasi Kesehatan Masyarakat

Bandara baru yang dibangun Angkasa Pura I yakni di Kulon Progo. Kini dikenal dengan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA). Kemudian, terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Terminal Baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Lalu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, serta beberapa pengembangan bandara lainnya seperti Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang.

Kinerja Angkasa Pura I yang agresif mengembangkan dan membangun bandara tersebut patut diacungi jempol. Karena bandara adalah pintu masuk pertama yang dilihat wisatawan atau para pelancong dari luar negeri.

Terapkan Teknologi

Selain mempercantik bandara yang dikelola. Angkasa Pura I juga mengandalkan penggunaan teknologi untuk mendukung operasional, pelayanan, dan bisnis perusahaan. Teknologi ini juga dioptimalkan pada masa adaptasi kebiasaan baru, imbas Pandemi Covid-19.

Baca juga : Arifin Tasrif, Tokoh Akselerator Transisi Energi

Teknologi yang diandalkan yaitu Airport Operations Control Center (AOCC), virtual customer service, boarding pass scanner, dan thermal scanner.

Penerapan teknologi yang dapat mengurangi risiko penyebaran Covid-19 ini merupakan komitmen Angkasa Pura I untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh penumpang yang sedang melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Selain Faik Fahmi, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup. Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur dan otomotif.

Baca juga : Nicke Widyawati, Tokoh Ketahanan Energi Nasional

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, “Kuta Bali”, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali.

Selamat kepada para penerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit! Teruslah berjuang, memberikan sumbangsih dan karya terbaik demi Indonesia!■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.