Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakyat Merdeka Award 2022

Nicke Widyawati, Tokoh Ketahanan Energi Nasional

Rabu, 28 September 2022 22:55 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto: Instagram/nicke_widyawati)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto: Instagram/nicke_widyawati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT  Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Ketahanan Energi Nasional”. Acara ini digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam (28/9).

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran, dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Selama pandemi Covid-19, Pertamina tetap mampu bekerja dengan sangat baik. Bahkan, saat puncak pertama pandemi yang terjadi pada Juli 2020, saat dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pertamina di bawah kepemimpinan Nicke Widyawati tetap mampu mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok negeri demi menjaga ketahanan energi nasional.

Baca juga : ST Burhanuddin, Tokoh Restorative Justice dan Pemberantasan Korupsi

Seiring terkendalinya kasus Covid-19 dan kembalinya kehidupan masyarakat menuju normal, kebutuhan energi masyarakat kembali meningkat. Pertamina pun tetap mampu mempertahankan kinerja baik dalam menjaga ketahanan energi nasional untuk mendukung Indonesia pulih dan bangkit.

Berkat tangan dingin Nicke, Pertamina juga terus bertransformasi. Dalam menjawab kebutuhan dunia akan energi bersih, Pertamina telah menetapkan program transisi energi sebagai prioritas utama perusahaan.

Pertamina telah memainkan peran penting dalam memimpin transisi industri energi Indonesia dengan menargetkan bauran energi dan pengurangan emisi. Pertamina menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca yang lebih komprehensif sebesar 30 persen sebelum 2030. Selain itu, Pertamina akan memprioritaskan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mengatasi permasalahan lingkungan, yang sejalan dengan Bauran Energi Indonesia pada 2030.

Baca juga : Royke Tumilaar, Tokoh Transformasi UMKM Go International

Pertamina mengembangkan energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dilakukan dalam 8 inisiatif strategis. Yaitu pengembangan kilang hijau, pengembangan bioenergi, komersialisasi hidrogen, gasifikasi, inisiasi ekosistem baterai dan penyimpanan energi terintegrasi, serta peningkatan kapasitas terpasang panas bumi.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Baca juga : Darmawan Prasodjo, Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional

Selain Nicke Widyawati, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup. Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur, dan otomotif.

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, “Kuta Bali”, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali.

Selamat kepada para penerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit! Teruslah berjuang, memberikan sumbangsih dan karya terbaik demi Indonesia!■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.